(ABSTRAK) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK HASIL BELAJAR GEOGRAFI DALAM MATERI POKOK BAHASAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 2 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010


FARHAN , 3201403066 (2010) (ABSTRAK) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK HASIL BELAJAR GEOGRAFI DALAM MATERI POKOK BAHASAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 2 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK HASIL BELAJAR GEOGRAFI DALAM MATERI POKOK BAHASAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 2 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH UNTUK HASIL BELAJAR GEOGRAFI DALAM MATERI POKOK BAHASAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA N 2 UNGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/ 2010) - Published Version
Download (75kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia dalam mengembangkan diri sehingga mampu menghadapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya, dalam proses belajar mengajar diperlukan adanya penerapan keterampilan pada setiap guru dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga siswa mampu memahami dan menangkap isi dalam materi pelajaran tersebut dan siswa berhasil mewujudkan hasil belajar yang memuaskan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah: Bagaimanakah pengaruh pembelajaran dengan metode pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar Geografi Materi Pokok Bahasan Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan pada siswa Kelas X SMA N 2 Ungaran Semester Genap tahun pelajaran 2009/2010? Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 257 siswa yang terbagi dalam enam kelas. Dalam pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) penerapan metode pemecahan masalah (2) hasil belajar. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket, Tes, dan Dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada table 4.21 product moment (rt) dengan jumlah responden = 72, kolom N (membacanya ke kanan) dalam kolom signifikansi 5% dalam tabel diperoleh 0,329 dan taraf signifikansi 1% diperoleh bilangan 0,424, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: 1. pada taraf signifikansi 5% rtabel = 0,329 dan r hitung 0,535 sehingga rtabel < r hitung. 2. Pada taraf signifikansi 1% r tabel = 0,424 dan r hitung = 0,535 sehingga rtabel < rhitung. Oleh karena nilai r yang diperoleh yaitu 0,559 berada pada batas signifikan, yaitu pada taraf signifikan 1% sebesar 0,424 atas dasar pernyataan ini maka nilai r yang telah diperoleh dapat dikatakan signifikan. Berdasarkan tabel diketahui bahwa untuk butir angket metode problem solving semuanya valid, yaitu 15 butir, sedangkan untuk soal tes yang digunakan untuk penelitian hanya 30 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidik dalam menggunakan metode pemecahan masalah ternyata efektif untuk

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode pemecahan masalah, Hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 06:55
Last Modified: 03 Oct 2011 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5212

Actions (login required)

View Item View Item