NILAI MULTIKULTURAL DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA
Ilham Al Matiin, 2101417095 (2021) NILAI MULTIKULTURAL DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan yang berkualitas di Indonesia dapat tercapai melalui peran pendidik. Pendidik harus memahami bahwa Indonesia adalah negara dengan tingkat diversitas kebudayaan yang tinggi. Diversitas tersebut harus diimbangi dengan pemahaman mengenai nilai-nilai multikultural yang diajarkan melalui proses pembelajaran. Dalam pembelajaran, bahan ajar adalah elemen penting yang mengandung substansi reseptif berupa nilai-nilai, salah satu nilai yang perlu diserap peserta didik adalah nilai multikultural. Sebagai sebuah upaya membelajarkan peserta didik mengenai nilai multikultural, penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan nilai�nilai multikultural dalam Novel Arah Langkah karya Fiersa Besari, dan relevansinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalam Novel Arah Langkah karya Fiersa Besari, dan merelevansikannya sebagai bahan ajar apresiasi sastra di Sekolah Menengah Atas (SMA). Nilai-nilai multikutural tersebut dibedakan menjadi empat jenis nilai, yaitu (1) nilai kesetaraan, (2) nilai toleransi, (3) nilai demokrasi, dan (4) nilai pluralisme. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan data berupa kalimat-kalimat, teks, dan kutipan-kutipan yang bersifat deskriptif sehingga pendalaman makna dari data tersebut lebih optimal. Penelitian ini menggunakan metode simak dan catat, yaitu pemerolehan data melalui proses analisis sumber data oleh instrumen primer dan pencatatan data berdasarkan analisis tersebut. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa dalam Novel Arah Langkah karya Fiersa Besari mengandung nilai-nilai multikultural, yaitu (1) nilai kesetaraan, (2) nilai toleransi, (3)nilai demokrasi, dan (4) nilai pluralisme. Hasil penelitian secara keseluruhan memeroleh data sebanyak 35 data, dengan perolehan masing-masing nilai yaitu nilai kesetaraan sebanyak 6 (enam) data, nilai toleransi sebanyak 9 (sembilan) data, nilai demokrasi sebanyak 6 (enam) data, dan nilai pluralisme sebanyak 14 (empat belas) data. Berdasarkan nilai-nilai multikultural yang terkandung dalam Novel Arah Langkah karya Fiersa Besari, novel ini memiliki relevansi sebagai bahan ajar pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Pembelajaran apresiasi sastra yang dimaksud adalah pembelajaran menganalisis pesan yang terdapat dalam sebuah buku fiksi sesuai dalam Kompetensi Dasar 3.11 kelas XI SMA. Relevansi tersebut didasarkan pada aspek kebahasaan, aspek psikologi, aspek latar belakang budaya, dan kriteria-kriteria pemilihan bahan ajar yang baik antara lain ekonomis, mudah didapatkan, fleksibel, mampu mewadahi beberapa kompetensi dasar, dan sebagainya. Penelitian yang berupa analisis nilai-nilai dalam novel ataupun karya sastra sebaiknya dilakukan dalam periode yang terus-menerus dan melalui pencatatan data secara berurutan. Hal tersebut berfungsi agar peneliti tetap fokus menggali data dalam sumber data, dan data tersebut tidak hilang dalam berjalannya penelitian. Selain itu, pemilihan karya sastra sebagai sumber data pun patut dipertimbangkan dengan kebutuhan peserta didik, dan tingkat aktualitas nilai-nilai yang hendak diteliti dalam kehidupan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diversitas, nilai multikultural, bahan ajar, apresiasi sastra |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 05:46 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 05:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52095 |
Actions (login required)
View Item |