PENGARUH MINAT BACA, SUMBER BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI


Lyna Latifah, - (2016) PENGARUH MINAT BACA, SUMBER BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI. Economic Education Analysis Journal, 5 (2). pp. 505-518. ISSN 2252-6544

[thumbnail of 10. Pengaruh Minat Baca, Sumber Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (224kB)

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Hasil observasi awal pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh prestasi belajar yang rendah. Sebanyak 145 atau 64,1% dari 226 siswa memperoleh hasil nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat baca, sumber belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2014/2015 baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendal yang berjumlah 226 dan Sampel sebesar 144 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh secara simultan minat baca, sumber belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar sebesar 43,5%. Secara parsial menunjukkan ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar sebesar 12,11%, ada pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 4,7% dan ada pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar sebesar 5,7%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reading Interest, Learning Resources, Peer Environment, Learning Achievement ____________________
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:28
Last Modified: 27 Sep 2022 04:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52016

Actions (login required)

View Item View Item