Investigating the 5P Model (Presage, Perception, Process, Pedagogy, Product) in Accounting Learning Process at Higher Education


Lyna Latifah, - (2022) Investigating the 5P Model (Presage, Perception, Process, Pedagogy, Product) in Accounting Learning Process at Higher Education. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55 (2). pp. 275-284. ISSN 2301-7821

[thumbnail of 6. Investigating the 5P Model (Presage, Perception, Process, Pedagogy, Product) in Accounting Learning Process at Higher Education - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (329kB)

Abstract

Pembelajaran akuntansi perlu menjawab kebutuhan pekerjaan saat ini yang mengutamakan keterampilan digital. Namun masih banyak mahasiswa akuntansi yang belum memahami sepenuhnya tentang pelajaran dasar akuntansi. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara jenis kelamin, persepsi siswa terhadap pembelajaran akuntansi, pendekatan pembelajaran, penggunaan e-learning, dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian adalah 266 mahasiswa akuntansi pada tahun pertama. Kuesioner disebarkan secara online menggunakan platform Google Forms. Uji-t independen digunakan untuk memungkinkan peneliti menguji hipotesis membandingkan persepsi siswa laki- laki dan perempuan. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perbedaan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi siswa tetapi menunjukkan adanya hubungan antara persepsi siswa, pendekatan pembelajaran, penggunaan e-learning, dan hasil belajar akuntansi. Penggunaan pendekatan mendalam pada pembelajaran akan meningkatkan peran e-learning terutama pada kompleksitas materi yang diberikan. Sebaliknya, kemudahan penggunaan e-learning dapat mempengaruhi pemahaman akuntansi. Temuan penelitian ini memberikan pandangan bahwa perguruan tinggi di Indonesia perlu terus mengembangkan aplikasi e-learning yang disediakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pedagogi. Penelitian ini berimplikasi pada pendidik akuntansi untuk merancang dan mengimplementasikan program pendidikan yang menarik mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah akuntansi dan mengembangkan keterampilan akuntansinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jenis kelamin, persepsi siswa, pendekatan pembelajaran, e-learning, hasil belajar akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:27
Last Modified: 27 Sep 2022 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52012

Actions (login required)

View Item View Item