SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BATIK DI SURAKARTA “Dengan Pendekatan Desain Arsitektur Kontekstual”
Novika Wahyu Arsella, 5112415027 (2021) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BATIK DI SURAKARTA “Dengan Pendekatan Desain Arsitektur Kontekstual”. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Batik adalah warisan budaya Indonesia yang mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi, penuh simbol dan makna filosofis yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya. Batik adalah kerajinan asli nusantara yang dari dahulu menjadi bagian dari budaya Indonesia khususnya Jawa. Tradisi membatik dilakukan secara turun- temurun oleh masyarakat Indonesia sehingga motif batik dapat dikenali dan menjadi corak atau motif batik dari daerah atau keluarga tertentu. Seni batik di Indonesia semakin tumbuh dan diminati oleh berbagai kalangan mulai dari yang muda sampai yang tua. Pada zaman dahulu memang batik hanya diperuntukkan untuk penghuni kerajaan dengan motif kuno. Saat ini pemakai batik di Indonesia menyebar luas tidak hanya penghuni kerajaan saja. Batik Indonesia sudah memiliki motif yang sangat banyak dari berbagai provinsi dan daerah serta tidak terlihat kuno seperti dulu. Sekolah Menengah Kejuruan Batik ini akan memberikan fasilitas yang belum ada pada pendidikan-pendidikan di Surakarta. Adanya fasilitas yang menunjang di SMK Batik seperti adanya ruang praktek, ruang membatik, dan ruang lainnya yang dapat membedakan ruang praktek ini dengan praktek lainnya yang ada di kota Surakarta. . Konsep bangunan pada galeri batik ini dari segi bentuk bangunan yang mengambil bentuk dari bangunan yang tidak banyak menggunakan variasi bentuk, lebih banyak penggunaan bentuk persegi, tetapi pada aplikasi bangunan galeri ini adanya penambahan bentuk lengkung, supaya bentuk bangunan tidak terlihaat kaku. Penggunaan massa banyak, dengan tatanan yang dapat menggabungkan kawasan wisata kedalam pemilihan view pada bangunan. Fasilitas yang ada mempengaruhi suasana kawasan pendidikan bangunan, menyatukan suasana yang ada yaitu ix memberikan fasilitas dengan suasana santai missal ruang membatik yang terbuka sehingga menyatukan siswa dan pengunjung batik dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMK Batik, Arsitektur Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 01:45 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 01:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51960 |
Actions (login required)
View Item |