Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perusahaan Dalam Mensponsori Event Olahraga di Semarang


Wahyu Budi Utama, 6102416082 (2021) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perusahaan Dalam Mensponsori Event Olahraga di Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416082 - Budi Oke.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Faktor status event dan simpati perusahaan terhadap event berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga.Sedangkan event yang sesuai dalam produk atau merek perusahaan, sikap panitia penyelenggara terhadap perusahaan, feedback yang diberikan penyelenggara event kepada perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga. Suatu event olahraga sangat memerlukan sponsor, karena sponsor sebagai kegiatan pemasaran dimana organisasi mendapatkan hak untuk menggunakan perusahaan, produk atau merek nama dan logo dengan kontrak pemberian moneter dan dukungan lain kepada organisasi atau event.Rumusan masalah penelitian ini adalah faktor mana yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga di Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor mana yang mempunyai pengaruh paling signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga di Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian secara deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah 10 perusahaan di Semarang, sampel penelitian ini adalah pemimpin atau pemilik perusahaan, kayawan, dan bagian administrasi/keuangan.Pengambilan sampel menggunakan purposive samping dari 30 responden terpilih.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 19.0. Penelitian ini memperoleh hasil adanya pengaruh faktor status event, simpati perusahaan terhadap event, event yang sesuai dengan produk/merek perusahaan, sikap panitia penelenggara terhadap perusahaan, dan feedback yang diberikan penyelenggara event kepada perusahaan dalam memberikan sponsor terhadap keputusan perusahaan mensponsori event olahraga di Semarang yaitu sebesar 48,3%, dan sisanya sebesar 51,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut dapat digunakan sebagai acuan event organizer mendapat sponsor. Simpulan dari penelitian ini adalah faktor status event, dan simpati perusahaan terhadap event berpengaruh signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga di Semarang.Sedangkan event yang sesuai dengan produk atau merek perusahaan, sikap panitia penyelenggara terhadap perusahaan, feedback yang diberikan penyelenggara event kepada perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga di Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Perusahaan, Sponsor, Event Olahraga.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:28
Last Modified: 01 Sep 2022 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51800

Actions (login required)

View Item View Item