EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PENYAJIAN DATA PESERTA DIDIK SMA
Wijayanti Rahmawati, 4401417085 (2021) EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PENYAJIAN DATA PESERTA DIDIK SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR DAN JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PENYAJIAN DATA PESERTA DIDIK SMA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemendikbud mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran ini membutuhkan media untuk menyalurkan ilmu pengetahuan dari guru kepada peserta didik. Hasil wawancara dengan guru biologi di SMAN 3 Klaten menunjukkan bahwa pada masa pandemi guru mengalami keterbatasan untuk membuat media pembelajaran jarak jauh, sehingga peserta didik belum mampu mencapai KD pembelajaran secara maksimal. Selain itu pada kompetensi struktur dan jaringan tumbuhan nilai ulangan harian peserta didik banyak yang belum tuntas KKM karena peserta didik sulit menganalisis permasalahan atau soal-soal yang diberikan oleh guru. Kesulitan itu salah satunya disebabkan oleh metode belajar yang berpusat pada guru, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas E-LKPD berbasis problem solving pada pembelajaran struktur dan jaringan tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan penyajian data peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Sampel pada penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 7 dengan jumlah 36 peserta didik. Data untuk mengukur tingkat kemampuan analisis peserta didik dikumpulkan dari hasil tes dan data untuk mengukur tingkat kemampuan penyajian data peserta didik dikumpulkan dari instrumen lembar observasi. Data penelitian tersebut dianalisis menggunakan statistik non- parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan KKM peserta didik pada kemampuan analisis sebesar 97% dan kemampuan penyajian data sebesar 83%. Penerapan E-LKPD berbasis problem solving menghasilkan perbedaan rata-rata nilai sebelum dan sesudah pembelajaran, peningkatan N-gain pada kategori tinggi untuk kemampuan analisis, dan peningkatan N-gain pada kategori sedang untuk kemampuan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis problem solving pada pembelajaran struktur dan jaringan tumbuhan efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis dan penyajian data peserta didik SMA.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Problem Solving, Struktur dan Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | Q Science > QK Botany |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 08:26 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 08:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51761 |
Actions (login required)
View Item |