(ABSTRAK) Perbedaan Hasil Belajar Pengetesan Sistem Starter Menggunakan Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Peraga Berbasis Lampu Indikator Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
Eko Prastyo, 5201406029 (2010) (ABSTRAK) Perbedaan Hasil Belajar Pengetesan Sistem Starter Menggunakan Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Peraga Berbasis Lampu Indikator Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) Perbedaan Hasil Belajar Pengetesan Sistem Starter Menggunakan Peraga dan Yang Tidak Menggunakan Peraga Berbasis Lampu Indikator Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang)
- Published Version
Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar mahasiswa dalam pengetesan sistem starter mata kuliah Kelistrikan Otomotif dengan menggunakan peraga sistem starter berbasis lampu indikator pada mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang angkatan 2007. Jika ada perbedaan, untuk mengetahui seberapa besar perbedaan yang terjadi jika diberikan perlakuan yang berbeda yaitu pembelajaran menggunakan peraga dan pembelajaran tanpa menggunakan peraga. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengikuti mata kuliah Kelistrikan Otomotif angkatan 2007. Dalam penelitian ini mengambil 2 dua kelas sebagai populasinya dengan jumlah 63 Mahasiswa. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengikuti mata kuliah Kelistrikan Otomotif pada tahun 2007 rombel 1 sebanyak 30 mahasiswa sebagai kelompok kontrol dan rombel 2 sebanyak 33 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen. Hasil analisis data diperoleh = 15,422, sedangkan = 1,67. Karena (15,422) (1,67) maka Ha diterima Artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan hasil pembelajaran kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang menggunakan peraga sisten starter berbasis lampu indikator dan mahasiswa yang tidak menggunakan peraga sistem starter berbasis lampu indikator. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu sebaiknya untuk mata kuliah yang sifatnya aplikatif digunakan alat peraga untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen yang kedua yaitu Disamping penggunaan alat peraga yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat pula digunakan, untuk itu diperlukan penelitian dengan menggunakan metode-metode pembelajaran yang lain yang lebih tepat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, alat peraga, sistem starter |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Rizki Setiadi |
Date Deposited: | 03 Oct 2011 02:41 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5176 |
Actions (login required)
View Item |