KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KOGNITIF


Lailatul Izza, 4201416015 (2021) KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KOGNITIF] PDF (KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DITINJAU DARI HASIL BELAJAR KOGNITIF) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran pandemi covid-19 di Indonesia menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan dari rumah dan siswa dituntut untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran secara mandiri. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri, salah satunya dengan menggunakan e-modul berbasis STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring berbantuan e-modul berbasis STEM dengan pembelajaran daring berbantuan modul dari sekolah dan menganalisis perbedaan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring berbantuan e-modul berbasis STEM ditinjau dari hasil belajar kognitif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring berbantuan e-modul berbasis STEM dengan pembelajaran daring berbantuan modul dari sekolah dan terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring berbantuan e-modul berbasis STEM ditinjau dari hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar, Pembelajaran daring, E-Modul, STEM, Hasil belajar kognitif
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:08
Last Modified: 31 Aug 2022 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51745

Actions (login required)

View Item View Item