ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING DITINJAU DARI SELF- EFFICACY


Diky Kurniawan Arvianto, 4101416055 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING DITINJAU DARI SELF- EFFICACY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING DITINJAU DARI SELF- EFFICACY] PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SECARA DARING DITINJAU DARI SELF- EFFICACY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 36 Semarang belum optimal, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis diberikan alternatif pembelajaran secara daring dengan video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-efficacy. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan menyatakan ide matematis secara tertulis menggunakan simbol/notasi matematis; (2) kemampuan menggambarkan ide matematis secara visual; (3) kemampuan menginterpretasikan ide matematis secara tertulis; (4) kemampuan mengevaluasi ide matematis secara tertulis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G dan VIII H SMP Negeri 36 Semarang. Terdapat 6 subjek kualitatif dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang, 2 siswa dengan self- efficacy rendah. Teknik pengumpulan data meliputi: tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-efficacy sebagai berikut (a) Subjek dengan self-efficacy tinggi sudah mampu mencapai semua indikator kemampuan komunikasi matematis; (b) Subjek dengan self-efficacy sedang sudah mampu mencapai tiga indikator kemampuan komunikasi matematis walaupun masih kurang teliti dalam menuliskan simbol atau notasi, keterangan pada gambar dan belum menuliskan kesimpulan di akhir penyelesaian; (c) Subjek dengan self-efficacy rendah hanya mampu mencapai satu indikator kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Efficacy, Koordinat Kartesius.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:49
Last Modified: 31 Aug 2022 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51742

Actions (login required)

View Item View Item