STRATEGI GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING TAHUN AJARAN 2020/2021
Khoirul Azzam, 3101416074 (2021) STRATEGI GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (STRATEGI GURU SEJARAH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 AMPELGADING TAHUN AJARAN 2020/2021)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mewabahnya pandemi COVID-19 di Indonesia menyebabkan semua proses pembelajaran dilakukan secara daring. SMK Negeri 1 Ampelgading merupakan salah satu sekolah yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Hal tersebut tentunya berpengaruh terhadap strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi yang digunakan oleh guru sejarah dalam melaksanakan pembelajaran sejarah pada masa pandemi COVID-19 dan mengetahui dampak pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Ampelgading. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru sejarah sebagai informan utama, kemudian siswa/siswi kelas 10 sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan penelaahan dokumen. Dalam penelitian ini teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan model interaktif dengan urutan sebagai berikut pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian, pertama dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Ampelgading, guru sejarah menggunakan strategi pembelajaran jarak jauh. Media pembelajaran yang dipakai ialah WhatsApp, Google Classroom, serta Google Form. Kedua pembelajaran jarak jauh memberikan dampak besar terhadap proses pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Ampelgading yaitu antara lain guru sejarah sulit menerangkan materi sejarah kepada siswa karena alokasi waktu yang terbatas, pemahaman guru yang terbatas akan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (media pembelajaran) menyebabkan proses pembelajaran terasa monoton. Ketiga dampak pembelajaran jarak jauh juga berpengaruh terhadap perolehan nilai mata pelajaran sejarah. Hasil evaluasi pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Ampelgading menunjukan bahwa ada penurunan nilai mata pelajaran sejarah dengan strategi pembelajaran jarak jauh. Guru sejarh sebaiknya lebih kreatif dalam menyampaikan materi sejarah kepada peserta didik serta meningkatkan kemampuan akan media pembelajaran berbasis daring sehingga dapat menarik perhatian siswa. Perlu adanya kerjasama antara pihak pemerintah daerah dan sekolah dalam pemberdayaan guru mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasiskan daring.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran, SMK Negeri 1 Ampelgading |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 02:41 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 02:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51716 |
Actions (login required)
View Item |