PENGEMBANGAN MATERI AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN SUMPAH PEMUDA DALAM PENANAMAN NILAI KESEJARAHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021
Silvia Pratiwi, 3101416030 (2021) PENGEMBANGAN MATERI AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN SUMPAH PEMUDA DALAM PENANAMAN NILAI KESEJARAHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MATERI AJAR SEJARAH POKOK BAHASAN SUMPAH PEMUDA DALAM PENANAMAN NILAI KESEJARAHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2020/2021)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Wonosobo menunjukkan bahwa pembelajaran dilaksanankan secara jarak jauh atau online learning. Hal ini dikarenakan merebaknya virus corona (COVID-19) di Indonesia. Pembelajaran hanya menggunakan sumber materi yang berasal dari buku paket Kementerian Pendidikan yang berbentuk .pdf. Kendala lain yaitu mengenai minimnya penggunaan sumber belajar dan kurangnya materi ajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengembangkan materi ajar sejarah pokok bahasan Sumpah Pemuda yang dikemas dalam bentuk modul digital. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan penanaman nilai-nilai kesejarahan dalam pembelajaran sejarah materi ajar pokok bahasan Sumpah Pemuda di kelas XI SMA Negeri 2 Wonosobo (2) Mengetahui proses pengembangan materi ajar berbentuk modul digital (3) Mengetahui kelayakan materi ajar dari segi hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran serta tanggapan siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development) menurut Borg dan Gall. Sumber data penelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan informan, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penanaman nilai kesejarahan selalu dilakukan oleh guru sejarah dalam setiap pembelajaran terutama dalam materi ajar pokok bahasan Sumpah Pemuda (2) pembuatan materi ajar dalam bentuk modul digital melalui beberapa tahapan pengembangan materi ajar yang baik, kemudian dilakukan validasi oleh para ahli (3) kelayakan dari materi ajar pokok bahasan Sumpah Pemuda berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi 96.82%, ahli media 94.82%, dan ahli pembelajaran 77.91%, serta hasil analisis tanggapan siswa sebesar 92.21%. Dengan demikian modul digital ini layak digunakan sebagai materi ajar sejarah pokok bahasan Sumpah Pemuda. Simpulan dari penelitian ini yaitu (1) Penanaman nilai kesejarahan penting dilakukan namun belum teraktualisasi secara nyata (2) Pengembangan materi ajar berbentuk modul digital dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengembangkan materi lainnya yang dapat digunakan dalam pembelajaran dan sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya guna penyempurnaan modul digital yang lebih baik (3) Materi ajar pokok bahasan Sumpah Pemuda yang dikembangkan oleh peneliti dapat dijadikan sebagai sumber bahan ajar sejarah dalam guru mengajar serta siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan pokok bahasan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Materi Ajar, Modul Digital, Nilai Kesejarahan, Pengembangan. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 02:35 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 02:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51713 |
Actions (login required)
View Item |