Pengaruh Pengetahuan dan Perilaku Petani dalam Memelihara Saluran Irigasi di Desa Kunjeng Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan


Eva Banowati, - (2022) Pengaruh Pengetahuan dan Perilaku Petani dalam Memelihara Saluran Irigasi di Desa Kunjeng Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Edu Geography, 8 (3). pp. 174-181. ISSN 2252-6684

[thumbnail of 19. Pengaruh Pengetahuan dan Perilaku Petani dalam Memelihara Saluran Irigasi di Desa Kunjeng Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (614kB)

Abstract

Irigasi digunakan untuk mempermudah dalam pengairan lahan pertanian. Dalam upaya memelihara saluran irigasi petani seharusnya memiliki pengetahuan tentang irigasi supaya mendorong perilaku memelihara saluran irigasi. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pengetahuan petani dalam memelihara saluran irigasi; 2) mengetahui perilaku petani dalam memelihara saluran irigasi; 3) menganalisis pengaruh pengetahuan dan perilaku petani dalam memelihara saluran irigasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan petani berpengaruh signifikan terhadap perilaku petani dalam memelihara saluran irigasi. Karena hasil uji hipotesis diketahui nilai t hitung sebesar 11,527. Berdasarkan perhitungan hasil uji determinasi nilai R square =0,639, hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh yang diberikan variabel independent terhadap variabel dependent sebesar 63,9%. Pengetahuan petani tergolong dalam kriteria baik dengan rata-rata 72,18%, sedangkan untuk perilaku petani memelihara saluran irigasi tergolong dalam kriteria cukup dengan rata-rata skor 68,58 %. Untuk hasil regresi diketahui bahwa variabel pengetahuan memberikan pengaruh sebesar 0,8 terhadap variabel perilaku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Saluran Irigasi; Pengetahuan Petani; Perilaku Petani.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:38
Last Modified: 30 Aug 2022 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51688

Actions (login required)

View Item View Item