PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BELIK
FAJAR UNTUNG MIFTAHUDIN, 3101417031 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BELIK. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Belik yang secara geografis terletak di daerah pegunungan selatan Kabupaten Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik, (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan kendala dalam penanamam nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik, (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi guru dalam penanamam nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik?, (2) Bagaimana kendala guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik?, (3) Bagaimankah evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik?. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Belik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini yaitu Wakasek Bidang Kesiswaan, Wakasek Bidang Kurikulum, Guru Sejarah, dan Siswa kelas X di SMA Negeri 1 Belik.Uji keabsahan pada penelitian ini menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, meliputi (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) strategi penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Belik yaitu dengan cara menyisipkan nilai-nilai karakter tertentu dalam pembelajaran, baik dari tahap penyusunan Silabus dan RPP maupun dalam pelaksaan pembelajaran di kelas, (2) Kendala utama penanaman nilai karakter pada pembelajaran sejarah yaitu kuota internet, sinyal, kepemilikan sarana prasarana, pembelajaran jarak jauh yang dianggap hari libur, dan karakter siswa itu sendiri.(3) evaluasi dalam penanaman nilai-nilai karakter pada pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran sejarah bertumpu pada karakter disiplin dan tanggung jawab, dimana siswa dikatakan baik jika mereka datang tepat waktu, mengumpulkan tugas, mengikuti ulangan harian, dan mengikuti ujian. Secara keseluruhan implementasi nilai karakter jujur, religius, disiplin, toleransi, komunikatif, gemar membaca, rasa ingin tahu, peduli lingkungan dan tanggungjawab yan dilakukan oleh siswa sudah baik. Saran untuk guru sejarah membuat indikator penilaian karakter
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai Karakter, Pembelajaran Jarak Jauh, Mata Pelajaran Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 30 Aug 2022 06:49 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 06:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51666 |
Actions (login required)
View Item |