(ABSTRAK) PENERAPAN GAME BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SURU II KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN POKOK BAHASAN DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF


DAVID AGUNG PRIYONGGO , 4201406536 (2010) (ABSTRAK) PENERAPAN GAME BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SURU II KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN POKOK BAHASAN DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENERAPAN GAME BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SURU II KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN POKOK BAHASAN DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN GAME BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SURU II KECAMATAN GEYER KABUPATEN GROBOGAN POKOK BAHASAN DAUR AIR DAN PERISTIWA ALAM UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF) - Published Version
Download (89kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran IPA di SD N Suru II, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2009/2010 belum optimal. Hal ini dibuktikan dari nilai raport semester ganjil kelas VIII D dengan rata-rata sebesar 65,5. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan penerapan model Game Based Learning. Model Game Based Learning merupakan model pembelajaran dengan pendekatan bermain. Metode bermain dalam pembelajaran berfungsi untuk meningkatkan kesenangan dan menghapus kejenuhan siswa saat belajar sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode tersebut dapat meningkatkan aspek kognitif siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas V SD N Suru II, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan sebanyak 43 siswa. Data tentang aspek kognitif diperoleh dari hasil tes siswa. Indikator keberhasilan aspek kognitif harus mencapai ketuntasan minimal 65% dari sekurang-kurangnya 85% dari jumlah siswa yang mengikuti tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Aspek kognitif siswa dari siklus I sampai II. Aspek kognitif siklus I saat pre test sebesar 17,5% mejadi 37,5% saat post test dan siklus II saat pre test 35% menjadi 97,6% saat post test. Model pembelajaran ini dapat berhasil karena sistem alat permainan cakram pertanyaan yang mengharuskan siswa menjawab pertanyaan secara acak, sehingga siswa bertanggung jawab atas jawaban dan pengetahuanya sendiri. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Game Based Learning pada pokok bahasan Daur air dan peristiwa alam dapat meningkatkan aspek kognitif siswa kelas V SD N Suru II, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Aspek Kognitif, Daur Air dan Peristiwa Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2011 02:19
Last Modified: 03 Oct 2011 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item View Item