Desain Materi Ajar Hidrolisis Terintegrasi Praktikum Dan Penilaiannya Untuk Analisis Hasil Belajar Siswa
Nofita Megasari, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Jumaeri, - (2018) Desain Materi Ajar Hidrolisis Terintegrasi Praktikum Dan Penilaiannya Untuk Analisis Hasil Belajar Siswa. Chemistry in Education, 7 (1). ISSN 2252-6609
PDF
- Published Version
Download (688kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi ajar hidrolisis terintegrasi praktikum yang efektif untuk mengukur ketuntasan klasikal hasil belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu Research and Development yang meliputi identifikasi masalah, perencanaan, pengembangan draft awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan implementasi. Hasil validasi materi ajar menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan layak dengan skor rerata komponen materi/isi sebesar 31,3 dari skor maksimal 36; skor rerata komponen penyajian sebesar 44,3 dari skor maksimal 56, dan skor rerata komponen bahasa sebesar 45,3 dari skor maksimal 56. Uji coba lapangan awal menunjukkan tanggapan siswa mencapai skor 52,7 dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 84,375%, atau keterampilan laboratorium dan afektif mencapai 100% sedangkan pada tahap implementasi ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 81,25%, keterampilan laboratorium dan afektif mencapai 100% dari jumlah siswa memperoleh skor dengan kriteria minimal baik.. Secara keseluruhan, materi ajar hidrolisis terintegrasi praktikum dan penilaiannya efektif untuk mengukur ketuntasan klasikal hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; keterampilan laboratorium; materi ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 06:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 06:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51601 |
Actions (login required)
View Item |