Pengembangan Instrumen Performance Assessment Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengukur Keterampilan Laboratorium Siswa
Khusnul Khotimah, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Sri Nurhayati, - (2017) Pengembangan Instrumen Performance Assessment Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengukur Keterampilan Laboratorium Siswa. Chemistry in Education, 6 (2). ISSN 2252-6609
PDF
- Published Version
Download (856kB) |
Abstract
Penilaian keterampilan laboratorium pada umumnya belum memiliki patokan khusus untuk setiap penilaiannya, sehingga saat siswa melakukan kinerja keterampilan dalam melakukan praktikum masih belum teramati dan terukur dengan baik. Alternatif penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan laboratorium adalah dengan menggunakan performance assessment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah instrumen performance assessment dapat digunakan untuk menilai keterampilan laboratorium siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development. Hasil analisis data instrumen performance assessment yang dikembangkan layak untuk diterapkan dengan hasil validasi sebesar 62,5 dengan kategori sangat baik untuk lembar observasi penilaian keterampilan laboratorium siswa dan keseluruhan komponen berada pada kategori sangat baik. Reliabilitasnya mencapai lebih dari 0,70 untuk semua komponen instrumen performance assessment yang dikembangkan. Instrumen dinyatakan efektif mengukur keterampilan laboratorium siswa karena 26 dari 29 siswa memiliki memiliki keterampilan laboratorium tinggi dan sangat tinggi. Instrumen performance assessment hasil penelitian sudah baku dan dapat digunakan untuk menilai keterampilan laboratorium siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | farmakognosi keterampilan laboratorium performance assessment |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 03:45 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 03:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51597 |
Actions (login required)
View Item |