STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL DENGAN VIDEO ANIMASI ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MOODLE DAN GOOGLE CLASSROOM
Ismalida Maftuhatus Samihah, 4001417047 (2021) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL DENGAN VIDEO ANIMASI ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MOODLE DAN GOOGLE CLASSROOM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MODEL PBL DENGAN VIDEO ANIMASI ANTARA PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MOODLE DAN GOOGLE CLASSROOM)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 mendorong peserta didik untuk melakukan kegiatan proses ilmiah. Pembelajaran dengan melakukan kegiatan proses ilmiah ini akan mendorong peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Faktanya kemampuan berpikir kritis peserta didik di MTs Mathalibul Huda Mlonggo 4 dari 5 aspek masih belum tercapai, hal tersebut dapat terjadi karena adanya beberapa faktor. Model PBL dengan video animasi berbantuan e-learning digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. E-learning yang digunakan yaitu moodle dan google classroom dan dibandingkan e-learning mana yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan bepikir kritis pada pembelajaran model PBL antara peserta didik yang menggunakan moodle dan google classroom. Penelitian dilakukan di MTs Mathalibul Huda Mlonggo. Metode penelitian yang digunakan nonequivalent group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan RPP, silabus, soal tes, dan angket. Teknik sampling dengan cluster random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji n-gain, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kedua kelas eksperimen pada pembelajaran model PBL dengan video animasi. Penerapan model PBL dengan video animasi materi getaran dan gelombang memperoleh nilai N-gain pada kelas menggunakan moodle sebesar 0,51 dengan kategori sedang, dan kelas menggunakan google classroom sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Hasil uji t menunjukkan penerapan model PBL dengan video animasi berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan, tetapi pada kelas menggunakan moodle lebih baik dibandingkan kelas menggunakan google classroom. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model PBL dengan video animasi yang menggunakan moodle lebih baik dibandingkan menggunakan google classroom terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL, Video Animasi, Moodle, Google Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 02:17 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 02:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51489 |
Actions (login required)
View Item |