VARIASI PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN DI MASA PANDEMI UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs DI KOTA SEMARANG


Armita Meining Tyas, 2601417039 (2021) VARIASI PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN DI MASA PANDEMI UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of VARIASI PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN DI MASA PANDEMI UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs DI KOTA SEMARANG] PDF (VARIASI PEMBELAJARAN MENULIS GEGURITAN DI MASA PANDEMI UNTUK SISWA KELAS IX SMP/MTs DI KOTA SEMARANG)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis merupakan standar kompetensi yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Jawa. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) dalam kurikulum 2013 yang berkaitan dengan keterampilan menulis adalah KD menulis geguritan. SMP/MTs di Kota Semarang memiliki kompetensi dasar dalam keahlian yang berbeda-beda. Beberapa faktor seperti guru, siswa, dan sarana prasarana sekolah yang berbeda-beda mempengaruhi guru dalam melakukan variasi pembelajaran seperti variasi sumber materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran dalam kompetensi dasar menulis geguritan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah variasi sumber materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran menulis geguritan di masa pandemi untuk siswa kelas IX SMP/MTs di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi pembelajaran menulis geguritan di masa pandemi untuk siswa kelas IX SMP/MTs di Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jawa kelas IX SMPN 31 Semarang, SMPN 40 Semarang, dan MTs Al Asror Semarang. Data dalam penelitian ini berupa RPP dan silabus, hasil observasi dan wawancara tentang variasi pembelajaran menulis geguritan di masa pandemi yang meliputi variasi sumber materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik pilah. Teknik pilah digunakan untuk mengklasifikasikan data berdasarkan jenisnya yaitu variasi sumber materi, metode, media, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah variasi pembelajaran menulis geguritan di masa pandemi untuk siswa kelas IX SMP/MTs di Kota Semarang. (1) Variasi sumber materi yang digunakan guru bahasa Jawa kelas IX SMP/MTs di Kota Semarang adalah diambil dari buku teks Marsudi Basa lan Sastra Jawa dan buku Padha Bisa Basa Jawa, majalah Panyebar Semangat, dan internet. (2) Variasi Metode pembelajaran yang digunakan berupa metode utama dan pendukung, metode utama berupa metode latihan dan metode pendukung berupa metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. (3) Variasi media pembelajaran yang digunakan berupa media audiovisual berupa video youtube dan aplikasi google meet, serta media visual berupa powerpoint. (4) Variasi bentuk evaluasi pembelajaran yang xii digunakan guru bahasa Jawa dalam pembelajaran menulis geguritan di masa pandemi untuk siswa kelas IX SMP/MTs di Kota Semarang adalah evaluasi proses dan evaluasi hasil. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan kepada guru bahasa Jawa SMP/MTs di Kota Semarang adalah guru hendaknya dapat lebih memfokuskan siswa untuk memaksimalkan keterampilan menulis khususnya dalam materi geguritan. Media pembelajaran yang digunakan hendaknya lebih bervariasi supaya siswa tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Bentuk evaluasi hendaknya lebih bervariasi supaya dapat menstimulasi siswa dalam pembelajaran menulis khususnya materi menulis geguritan. Pembelajaran di sekolah hendaknya dilakukan secara tatap muka agar guru dan siswa dapat memaksimalkan proses belajar mengajar. Selain itu, bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai pembelajaran bahasa Jawa, khususnya mengenai variasi pembelajaran yang ada di SMP/MTs dengan kompetensi dasar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: variasi pembelajaran, menulis geguritan, masa pandemi.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:42
Last Modified: 16 Aug 2022 08:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51347

Actions (login required)

View Item View Item