PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN BAKUREJO
Hastrika Cahyaning Tyas, 1401417278 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN BAKUREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLY GAME BERBASIS ANDROID PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN BAKUREJO)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data pra penelitian di SDN Bakurejo,Kabupaten Purworejo berupa wawancara, angket dan dokumentasi ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia terkait keterbatasan media dan sumber belajar serta terbatasnya penggunaan media yang memanfaatkan teknologi informasi khususnya berbasis android.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media pembelajaran monopoly game berbasis android materi keragaman budaya Indonesia terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Bakurejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model dari Borg and Gall menurut Sugiyono, yang telah dimodifikasi menjadi 8 tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Subyek penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas IV SD Negeri Bakurejo. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran monopoly game berbasis android, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data produk berupa uji kelayakan media, analisis data awal dengan uji normalitas, dan analisis data akhir dengan uji n-gain dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoly game berbasis android sangat layak digunakan dengan persentase dari ahli media sebesar 100% dan dari ahli materi sebesar 96%. Uji t diperoleh thitung (10.319) > ttabel (1,998), maka terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest.Data pretest dan posttest saat diuji peningkatan rata-rata (N-gain) memperoleh hasil sebesar 0,46 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian yang diambil adalah bahwa pengembangan media pembelajaran monopoly game berbasis android layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menerapkan media pembelajaran monopoly game pada muatan pembelajaran lainya dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Monopoly Game, Hasil Belajar, IPS,Android |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:15 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 07:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51216 |
Actions (login required)
View Item |