PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DELIKAN (DENGAR, LIHAT, DAN KERJAKAN) BERBASIS PREZI MUATAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IVB SD N KESENENG
Grafika Iswartanti, 1401417021 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DELIKAN (DENGAR, LIHAT, DAN KERJAKAN) BERBASIS PREZI MUATAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IVB SD N KESENENG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DELIKAN (DENGAR, LIHAT, DAN KERJAKAN) BERBASIS PREZI MUATAN PPKn MATERI KEBERAGAMAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IVB SD N KESENENG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan data prapenelitian melalui observasi, wawancara, dan data dokumen di SDN Keseneng terdapat permasalahan dalam pembelajaran PPKn terkait dengan terbatasnya bahan ajar yang di sediakan hanya buku guru dan buku siswa dan hasil belajar pada materi keberagaman keagamaan belum optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan, kelayakan dan keefektifan bahan ajar delikan berbasis prezi pada muatan PPKn kelas IVB SDN Keseneng. Tujuan penelitian untuk mengembangkan, menguji kelayakan, menguji keefektifan, dan mendiskripsikan hasil belajar psikomotorik bahan ajar delikan berbasis prezi pada muatan PPKn kelas IVB SD Negeri Keseneng. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda dengan 5 tahapan meliputi: analysis, design, development, implementation, evaluation. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IVB SDN Keseneng yang berjumlah 27. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir berupa uji t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar delikan berbasis prezi sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 96,875% dan kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 90,625%. Bahan ajar ini efektif digunakan dibuktikan dari hasil uji t nilai thitung lebih besar dari ttabel (7,501707 > 2,006647. Terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif dari perolehan rata-rata pretest dan posttes melalui uji N-gain sebesar 0,46 yang mendapat kriteria sedang. Pada aspek psikomotorik setelah penggunaan bahan ajar delikan berbasis prezi terjadi peningkatan ketrampilan membuat tabel tempat ibadah di lingkungan sekitar dengan rata-rata 75,1 yang berkriteria “cukup”. Simpulan penelitian ini adalah bahan ajar delikan berbasis prezi sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan PPKn kelas IVB pada materi keberagaman keagamaan. Saran penelitian selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar delikan berbasis Prezi pada materi lain dengan memperbaiki tampilan desain agar lebih efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar delikan, Prezi, PPKn |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 04:20 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 04:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51198 |
Actions (login required)
View Item |