PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SURUH 01


Nurlaila, 1401417051 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SURUH 01. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SURUH 01] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SURUH 01) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran Matematika, media yang digunakan hanya buku paket matematika. Oleh karena itu perlu adanaya media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran agar pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini antara lain (1) mengembangkan media Scrapbook matematika berbasis kontekstual pada materi bangun datar siswa Kelas IV SD Negeri Suruh 01 (2) Menguji kelayakan media media Scrapbook matematika berbasis kontekstual pada materi bangun datar siswa Kelas IV SD Negeri Suruh 01 (3) Menguji keefektifan media Scrapbook matematika berbasis kontekstual pada materi bangun datar siswa Kelas IV SD Negeri Suruh 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Research and Development (R&D) menurut Sugiyono terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan uji pemakaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Suruh 01. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Scrapbook matematika berbasis kontekstual pada materi bangun datar berhasil dikembangkan, layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dinyatakan oleh ahli materi sebesar 88% (sangat layak), ahli media sebesar 82% (sangat layak), dan ahli praktisi sebesar 84% (sangat layak). Berdasarkan perhitugan Perolehan n-gain sebesar 0, 69 kriteria sedang. Sedangkan hasil t-test diperoleh thitung sebesar 19, 93 sedangkan t tabel sebesar 2, 048 maka thitung > ttabel dapat dinyatakan Ha diterima ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah menggunakan Media Scrapbook Matematika Berbasis Kontekstual. Simpulan dari penelitian ini yaitu media Scrapbook matematika berbasis kontekstual berhasil dikembangkan, layak digunakan, serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini yaitu media Scrapbook matematika berbasis kontekstual dapat dijadikan penunjang dalam pembelajaran matematika, serta dapat dikembangkan guru dalam pembelajaran lainya yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Matematika; Bangun Datar; Media Scrapbook; Kontekstual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:19
Last Modified: 10 Aug 2022 04:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51197

Actions (login required)

View Item View Item