Pemberdayaan sebagai Upaya Peningkatan Konservasi Budaya Lokal di Desa Menari Tanon
Tri Suminar, FIP Pendidikan Luar Sekolah (2020) Pemberdayaan sebagai Upaya Peningkatan Konservasi Budaya Lokal di Desa Menari Tanon. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4 (1). pp. 1-16. ISSN ISSN (p) : 2549-1539 ISSN (e) : 2579-4256
PDF
Download (509kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, hasil, serta faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan masyarakat di Desa Menari Tanon. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari ketua pokdarwis, tokoh masyarakat, penari, pemandu wisata, dan pedagang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa tahap perencanaan dilakukan ketua pokdarwis dengan pihak Astra. Pelaksanaan kegiatan dengan pelatihan dan sinau bareng masyarakat. Hasil pemberdayaan masyarakat Tanon mampu berperan sesuai kemampuan, dan masyarakat mampu meningkatkan perekonomian. Faktor pendukung diantaranya kebutuhan ekonomi, kesadaran masyarakat melestarikan potensi lokal unggulan, dan ketertarikan dalam kegiatan sesuai kemampuannya. Serta faktor penghambat yaitu penari tidak konsisten dalam waktu panjang, sarana dan prasarana belum lengkap, masih ada warga yang belum sadar wisata.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Empowerment; conservation; local culture |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:26 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51176 |
Actions (login required)
View Item |