IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI TAHUN 2020


Muhammad Luthfi Syafi’i, 6102415056 (2021) IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA KELAS V SD NEGERI SE KECAMATAN TAYU KABUPATEN PATI TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102415056 - Muhammad Luthfi Syafi’i.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Identifikasi bakat olahraga di SD Negeri se-kecamatan Tayu Kabupaten Pati belum dilaksanakan secara menyeluruh. Tujuan penelitian : (1) mengetahui cabang olahraga yang diminati siswa kelas V dan (2) mengetahui bakat olahraga apakah yang lebih dominan yang dimiliki siswa kelas V Sekolah dasar (Sekolah Dasar Negeri) di Kecamatan tayu Kabupaten Pati tahun 2020. Jenis penelitian kuantitatif, metode survey dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan terikat yaitu sport search dan pemanduan bakat. Berikut adalah instrumen penelitian yang digunakan diantaranyan : tes tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang lengan, lempar tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter, dan lari multi tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD Negeri se-Kecamatan Tayu Kabupaten Pati tahun 2020 terdapat 11 bakat cabang olahraga yang muncul yaitu: sepak bola sejumlah 1 siswa putra dengan persentase 2%, kano sejumlah 2 siswa putra dengan persentase 3%, tolak peluru sejumlah 8 siswa putra dengan persentase 13%, lari jarak jauh sejumlah 5 siswa siswa dengan persentase 8%, lontar martil sejumlah 8 siswa dengan ketentuan 5 putra dan 3 putri dengan persentase 13%, panahan sejumlah 4 siswa putra dengan persentase 7%, lompat tinggi sejumlah 8 siswa dengan ketentuan 5 putra dan 3 putri dengan persentase 13%, lompat jauh sejumlah 7 siswa putri dengan persentase 12%, lari cepat sejumlah 13 siswa putri dengan persentase 22%, jalan cepat sejumlah 3 siswa putri dengan persentase 5%, lempar cakram sejumlah 1 siswa putri dengan persentase 2%. Saran yang disampaikan adalah sosialisasi pengoperasian aplikasi sport search dan pelaksanaan 10 item tes pemanduan bakat perlu dilaksanakan di setiap sekolah supaya guru penjas faham tentang identifikasi bakat olahraga. Identifikasi bakat olahraga perlu dilakukan di setiap sekolah untuk membantu guru penjas mengetahui potensi bakat anak didiknya agar dapat diarahkan dan dibimbing ke cabang olahraga yang sesuai dengan potensi bakatnya. Guru penjas dapat menambah kegiatan ekstrakurikuler agar siswa dapat mengembangkan potensi bakat yang dimiliki dan memeroleh bimbingan langsung dari guru penjas. Dengan di ketahuinya cabang olahraga lari cepat sebagai olahraga potensial, perlu perhatian khusus dan pembinaan sebagai wadah untuk berprestasi bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sport search, pemanduan bakat
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:05
Last Modified: 04 Aug 2022 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50999

Actions (login required)

View Item View Item