PEMODELAN SISTEM PENERANGAN MEMANFAATKAN PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN MENGGUNAKAN DIALUX
Alim Muanifatin Nisa, 5301416022 (2021) PEMODELAN SISTEM PENERANGAN MEMANFAATKAN PENCAHAYAAN ALAMI DAN BUATAN MENGGUNAKAN DIALUX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
Tingkat pencahayaan ruang kelas berperan penting dalam proses pembelajaran. Ketidaknyamanan visual terjadi apabila keseragaman tingkat pencahayaan kurang dari 0,6 dan tidak mencapai standar antara 350–3.000 lux. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan sistem pencahayaan dengan memanfaatkan pencahayaan alami dan buatan agar didapatkan kenyamanan visual dalam proses pembelajaran di dalam ruang kelas. Berdasarkan observasi, ruang kelas E11-210 dan E11-112, Gedung E11, Universitas Negeri Semarang memiliki tingkat pencahayaan sebesar 129–16.261 lux dengan keseragaman kurang dari 0,6 sehingga masih belum memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Kedua ruang tersebut memiliki ukuran dimensi yang sama yaitu 12m x 9m x 3,5m. Pada penelitian ini telah dilakukan observasi dengan menggunakan luxmeter, sedangkan simulasi pemodelan menggunakan Dialux Evo. Pengambilan data tingkat pencahayaan dilakukan dengan menggunakan pengukuran penerangan umum dan penerangan setempat. Terdapat beberapa variabel bebas yang digunakan dalam simulasi antara lain : tata letak posisi lampu, jenis dan daya lampu, jenis armature, serta posisi bukaan tirai. Hasil simulasi pencahayaan alami dan pencahayaan buatan berupa tata letak 4x4 LEDTube 26W pada armature Powerbalance RC360B dengan tirai horisontal 60˚ mampu meningkatkan distribusi tingkat pencahayaan menjadi 401-582 lux. Sedangkan pada ruang E11-112 dengan pemodelan yang sama mampu meningkatkan sebesar 379-520 lux. Dengan adanya penerapan tirai pada jendela ruang kelas mampu menurunkan rata-rata tingkat pencahayaan sebesar 11-47 lux dan tingkat keseragaman pencahayaan yang mencapai 0,8. Oleh karena itu pemanfaatan pencahayaan alami dengan tata letak 4x4 LEDTube 26W pada armature Powerbalance RC360B dan penerapan tirai horisontal 60˚ sangat direkomendasikan agar didapatkan kenyamanan visual dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dialux, Pencahayaan Alami, Pencahayaan Buatan, Ruang kelas, Tirai Dinamis |
Subjects: | L Education > Special Education > Electrical engineering education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 07:02 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 07:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50998 |
Actions (login required)
View Item |