PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizki Ayuningtiyas, 7101416071 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING PADA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disebut dengan COVID-19 merupakan virus jenis baru yang menyerang seluruh dunia. Pemerintah melalui Nadiem Makarim telah mengupayakan segala cara guna memperkecil tingkat penyebaran virus ini, salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan belajar secara online. Terkait dengan dampak penyebaran virus COVID-19 pada dunia pendidikan, menuntut para pendidik dan peserta didik agar mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang ada. Sistem pembelajaran yang semua berbasis tatap muka secara langsung, digantikan dengan sistem pembelajaran yang terintegrasi melalui jaringan internet secara virtual. Sehingga perlu adanya kesiapan belajar mahasiswa, karena proses pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap adakah pengaruh lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menggunakan e-learning. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 121. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif persentase dengan bantuan program SPSS 2.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar mahasiswa menggunakan e-learning dengan nilai koefisiensi sebesar 0.077 dan nilai signifikansi sebesar 0.077 < 0.05.Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar mahasiswa menggunakan e-learning dengan nilai koefisiensi sebesar 0.183 dan nilai signifikansi sebesar 0.001 < 0.05. Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan belajar mahasiswa menggunakan e-learning dengan nilai koefisiensi sebesar 0.783 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05. Dan terdapat pengaruh secara simultan lingkungan keluarga, fasilitas belajar, dan motivasi belajar kesiapan belajar mahasiswa menggunakan e-learning dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,863 Atau 86,3% dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat empat hipotesis yang semuanya diterima. Saran dari peneliti adalah orang tua hendaknya memberikan contoh yang baik tentang disiplin belajar, serta memberikan pengertian terhadap anak, memberikan fasilitas belajar yang memadai agar anak lebih semangat dalam belajar, serta keinginan belajar yang sungguh-sungguh dari dalam diri mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Kesiapan Belajar, e-Learning.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:23
Last Modified: 04 Aug 2022 06:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50986

Actions (login required)

View Item View Item