Peran Orangtua dalam Pembinaan Pemahaman Motif Pernikahan bagi Anak dalam Lingkup Pendidikan Informal
Liliek Desmawati, - (2018) Peran Orangtua dalam Pembinaan Pemahaman Motif Pernikahan bagi Anak dalam Lingkup Pendidikan Informal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2 (2). pp. 162-169. ISSN ISSN (p) : 2549-1539 ISSN (e) : 2579-4256
PDF (Article)
- Published Version
Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman ibu sebagai orangtua dalam memberikan pemahaman motif pernikahan kepada anak remajanya, peran yang diterapkan, dan faktor penghambat. Penelitian ini bersifat survei yang dilakukan terhadap orangtua mahasiswa yang pada tahun 2018 mendapatkan mata kuliah Kependudukan dan Keluarga Berencana yang ada sebanyak 139 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dengan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebesar 37,5 % orangtua memberikan pembinaan sangat sering, 50% agak sering, dan 12,5% jarang. Para Ibu juga memiliki pengetahun motif pernikahan terutama dalam segi batas usia minimal bagi perempuan 20 tahun dan laki-laki 25 tahun. Demikian jarak ideal kehamilan yaitu 5 tahun. Kemampuan ibu dalam memberikan pemahaman pernikahan dengan berbagai peran, yaitu sebagai pendidik, panutan, pendamping, konselor, komunikator, dan teman bagi anak. Sebesar 58% ibu tidak kesulitan dalam memberikan pemahaman dan 42% mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut dari faktor ibu yang kurang bisa mendekati anak, serta anak yang belum siap untuk hal pernikahan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | the role of parents; wedding; teenagers; family |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment L Education > L Education (General) L Education > Special Education > Non-formal education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:28 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 06:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50921 |
Actions (login required)
View Item |