DESAIN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PENDETEKSI MISKONSEPSI UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MAHASISWA CALON GURU
Endang Susilaningsih, - (2016) DESAIN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK PENDETEKSI MISKONSEPSI UNTUK ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MAHASISWA CALON GURU. Unnes Science Education Journal, 5 (3). pp. 1432-1437. ISSN p-ISSN 2252-6617 e-ISSN 2502-6232
PDF (Article)
- Published Version
Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendesain instrumen tes diagnostik pendeteksi miskonsepsi, untuk menganalisis pemahaman konsep dasar kimia mahasiswa calon guru. Metode penelitian didesain sedemikian rupa dengan langkah-langkah mulai dari pemilihan materi yang sulit dipahami, menyusun kisi-kisi soal, desain instrumen tes pendeteksi miskonsepsi model three tier multiple choice, untuk multi level sampai mikroskopis, ujicoba, analisis data uji coba, dan penyempurnaan desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data uji coba instrument tes valid dan reliabel. Hasil analisis pemahaman konsep dasar kimia mahasiswa calon guru pada ujian akhir semester dengan instrument tes yang sudah disempurnakan menunjukkan 25 dari 50 mahasiswa (50%) paham konsep dasar kimia, 20 dari 50 mahasiswa (40%) mis konsepsi, dan 5 dari 50 mahasiswa (10%) tidak paham konsep dasar kimia. Saran diperlukan penyempurnaan desain tes diagnostik pendeteksi miskonsepsi, dan perluasan cakupan materi dasar kimia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diagnostic test, miskonsepsi |
Subjects: | L Education > Special Education L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:20 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 06:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50909 |
Actions (login required)
View Item |