(ABSTRAK) PERBEDAAN MINAT SISWA KELAS VIII UNGGULAN DAN KELAS VIII REGULER TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN TATA BOGA DI SMP NEGERI I RANDUBLATUNG KECAMATAN RANDUBLATUNG-KABUPATEN BLORA


Cahyanti Meineni, 5401404031 (2010) (ABSTRAK) PERBEDAAN MINAT SISWA KELAS VIII UNGGULAN DAN KELAS VIII REGULER TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN TATA BOGA DI SMP NEGERI I RANDUBLATUNG KECAMATAN RANDUBLATUNG-KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PERBEDAAN MINAT SISWA  KELAS VIII UNGGULAN DAN KELAS VIII REGULER TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN  TATA BOGA DI SMP NEGERI I RANDUBLATUNG KECAMATAN RANDUBLATUNG-KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PERBEDAAN MINAT SISWA KELAS VIII UNGGULAN DAN KELAS VIII REGULER TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN TATA BOGA DI SMP NEGERI I RANDUBLATUNG KECAMATAN RANDUBLATUNG-KABUPATEN BLORA) - Published Version
Download (59kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id

Abstract

Pada hasil pengamatan peneliti, diketahui terdapat anggapan bahwa mata pelajaran tata boga merupakan mata pelajaran yang mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan mata pelajaran lain khususnya pada mata pelajaran eksakta. Dan mengakibatkan kurangnya perhatian dan keseriusan siswa selama proses belajar mengajar mata pelajaran tata boga. Karena, siswa merasa dapat lebih mudah meraih prestasi yang tinggi pada mata pelajaran tata boga. Dengan demikian, hal tersebut ada kemungkinan berpengaruh pula pada minat siswa akan mata pelajaran tata boga.Yang menjadi permasalahannya apakah ada perbedaan minat kelas VIII unggulan dan kelas VIII reguler terhadap prestasi mata pelajaran tata boga. Sedangkan, yang menjadi tujuannya untuk mengetahui perbedaan minat kelas VIII unggulan dan kelas VIII reguler, manfaat yang diberikan dapat memperkaya khasanah keilmuan khususnya bidang pendidikan. Dalam penelitian peserta kelas VIII unggulan dan kelas VIII reguler berjumlah 277 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling dan simple random sampling. Sampel yang digunakan 53 siswa, terdiri 21 siswa kelas VIII unggulan dan 32 siswa kelas VIII reguler. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis data adalah Uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas VIII unggulan memiliki rerata skor yang “lebih tinggi”. Dapat diketahui dimana rerata skor minat kelas VIII unggulan 205.86 sedangkan rerata skor minat kelas VIII reguler 194.03. Selain itu diketahui rerata skor pada prestasi kelas VIII unggulan juga lebih tinggi dibandingkan kelas VIII reguler. Dapat diketahui rerata skor prestasi kelas VIII unggulan 81.00 sedangkan rerata skor prestasi pada kelas VIII reguler 78.06. Pada kesimpulan terdapat perbedaan minat siswa kelas VIII unggulan dan kelas VIII reguler. Sebagai saran sebaiknya guru perlu meningkatkan aktivitas belajar siswa terutama pada kelas reguler, untuk siswa lebih meningkatkan minat akan mata pelajaran tata boga dan sekolah harus bisa mengkomunikasikan dengan baik kepada pihak-pihak yang berkepentingan, mengenai adanya kelas unggulan agar dapat menghasilkan output yang berkualitas dan berdayaguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan Minat Siswa, Prestasi Mata Pelajaran Tata Boga, SMPN 1 Randublatung
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 30 Sep 2011 07:39
Last Modified: 25 Apr 2015 05:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item