SURVEY MOTIVASI SISWA SMA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019
INDRA DWI KURNIA, 6101415124 (2021) SURVEY MOTIVASI SISWA SMA MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI KABUPATEN KENDAL TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Motivasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolah. Dalam hal ini motivasi dapat dibagi menjadi faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik merupakan faktor yang terjadi karena kemauan dari dalam diri sendiri atau tidak perlu adanya dorongan dari luar diri, sedangkan faktor ekstrinsik merupakan faktor yang terjadi karena adanya dorongan dari luar diri atau rangsangan dari luar diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang lebih berperan terhadap siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler disekolah. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa SMA 1 Negeri Kendal, SMA 1 Negeri Pegandon dan SMA 1 Negeri Weleri Tahun Ajaran 2019/2020 yang mengikuti kegiatan ekstrakuriler olahraga dan sampel sebanyak 143 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat pengumpulan data. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) sebanyak (68%) siswa memiliki tingkat motivasi sangat tinggi, (31%) siswa memiliki tingkat motivasi tinggi dan (1%) siswa memiliki tingkat motivasi cukup dan memiliki rata-rata (83,08%) yang berarti sangat tinggi. 2) dalam motivasi instrinsik bahwa sebanyak (62,94%) siswa memiliki tingkat motivasi intrinsik sangat tinggi, (32,17%) siswa memiliki tingkat motivasi intrinsik tinggi, (2,80%) siswa memiliki tingkat motivasi intrinsik cukup dan (2,09) memiliki tingkat motivasi intrinsik rendah dan memiliki rata-rata (80,88%) yang berarti sangat tinggi. Dalam setiap indikator motivasi intrinsik, indikator bakat mencapai (80,07%), prestasi (74,12%), Pengetahuan (62,90%), kesehatan (94,05%), Hobi (92,13%). 3) sedangkan dalam motivasi ekstrinsik sebanyak (74,80%) siswa memiliki tingkat motivasi ekstrinsik sangat tinggi, (24,50%) siswa memilikitingkat motivasi tinggi, (0,70%) siswa memiliki tingkat motivasi ekstrinsik cukup dan memiliki rata-rata (85,80%) yang berarti sangat tinggi. Dalam setiap indikatornya motivasi ekstrinsik, indikator orang tua mencapai (86,71%), Guru (92,30%), Teman (82,28%), Sarana dan prasaran (89,86%), Lingkungan (74,59%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi ekstrinsik lebih berperan dalam memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga disekolah dengan rata-rata persentase yaang mencapai (85,80%). Saran yang dapat diberikan adalah sekolah lebih bisa meningkatkan motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga tidak hanya dalam olahraga, melainkan juga ekstrakurikuler lain yang ada disekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Ekstrakurikuler, Olahraga |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 ) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 04:05 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50774 |
Actions (login required)
View Item |