PERAN MINAT BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KONSEP DIRI, KEAKTIFAN BERORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP SOFT SKILLS DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK SETIABUDHI SEMARANG


Octaviana Candra Devi, 7101417156 (2021) PERAN MINAT BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KONSEP DIRI, KEAKTIFAN BERORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP SOFT SKILLS DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK SETIABUDHI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MINAT BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KONSEP DIRI, KEAKTIFAN BERORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP SOFT SKILLS DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK SETIABUDHI SEMARANG] PDF (PERAN MINAT BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KONSEP DIRI, KEAKTIFAN BERORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP SOFT SKILLS DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMK SETIABUDHI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas soft skills siswa SMK dituntut harus setara dengan hard skills, begitu juga dengan peningkatan prestasi akademik di sekolah, namun dalam perkembangannya kualitas soft skills dan prestasi akademik siswa masih rendah sehingga menyebabkan tingginya angka pengangguran lulusan SMK. Berbagai hasil penelitian pada tema soft skills dan prestasi akademik juga menunjukkan hasil penelitian yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi soft skills dan prestasi akademik yaitu variabel konsep diri, keaktifan berorganisasi, dan lingkungan keluarga dengan minat belajar sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Setiabudhi Semarang sebanyak 102 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Sampling jenuh yaitu jumlah sampel sama dengan populasi, sehingga sampel dalam penelitian berjumlah 102 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 hipotesis yang diajukan, terdapat 4 (empat) hipotesis yang ditolak dan 8 hipotesis yang diterima. Tiga konstruk yaitu konsep diri, keaktifan berorganisasi, dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap soft skills dan prestasi akademik. Konsep diri berpengaruh paling besar terhadap soft skills sebesar 29%. Selanjutnya, minat sebagai perantara membuat besaran pengaruh terhadap soft skills sebesar -4,2%. Keaktifan berorganisasi berpengaruh paling besar terhadap prestasi akademik sebesar 34,8%. Selanjutnya, minat sebagai perantara membuat besaran pengaruh terhadap prestasi akademik sebesar 19,3%. Besarnya R2 konstruk minat belajar sebesar 0,581 (kategori moderat atau cukup), R2 konstruk soft skills sebesar 0,668 (kategori moderat atau cukup), dan R2 konstruk prestasi akademik sebesar 0,653 (kategori moderat atau cukup). Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa 8 hipotesis diterima dan 4 hipotesis ditolak. Saran kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi soft skills dan prestasi akademik, seperti gender, perbedaan ras/suku, atau variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Soft Skills, Prestasi Akademik, Konsep Diri, Keaktifan Berorganisasi, Lingkungan Keluarga, dan Minat Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:43
Last Modified: 28 Jul 2022 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50733

Actions (login required)

View Item View Item