DESAIN INSTRUMEN TES BERBASIS MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, DAN SIMBOLIS (MMS) PADA MATERI ASAM BASA UNTUK ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA
Rani Lailatul Qodriyah, 4301417012 JURUSAN (2021) DESAIN INSTRUMEN TES BERBASIS MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS, DAN SIMBOLIS (MMS) PADA MATERI ASAM BASA UNTUK ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dalam menunjang pendidikan abad ke-21 di mana dapat meningkatkan eksplorasi siswa dalam menyelesaikan masalah sehingga perlu ditanamkan sejak dini. Instrumen tes yang teruji untuk analisis kemampuan berpikir kreatif belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis makroskopis, mikroskopis, dan simbolis (MMS) pada materi asam basa yang teruji untuk analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian ini yaitu Research & Development (R&D) dengan desain model penelitian 4D meliputi tahap define, design, development, dan dissemination. Subjek penelitian ini berjumlah 120 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes dinyatakan valid oleh validator dengan rerata skor 29,33. Analisis kualitas instrumen dilakukan dengan analisis Item Classical Theory (ICT) dan Item Response Theory (IRT) dengan model Rasch. Nilai reliabilitas ICT pada masing-masing uji coba yaitu 0,7910; 0,9185; dan 0,8175 yang dinyatakan reliabel. Sedangkan nilai reliabilitas IRT Rasch uji coba skala besar dan implementasi masing-masing yaitu 0,91 dan 0,82. Hasil analisis respon siswa menunjukkan respon sangat bagus sebanyak 70 siswa, respon bagus sebanyak 48 siswa, dan respon kurang bagus sebanyak 2 siswa. Profil kemampuan berpikir kreatif yang dihasilkan yaitu 2% kategori sangat tinggi, 17% kategori tinggi, 55% kategori sedang, 15% kategori rendah, dan 11% kategori sangat rendah. Instrumen yang dihasilkan telah teruji layak, valid, dan reliabel serta dapat digunakan untuk analisis kemampuan berpikir kreatif berbasis makroskopis, mikroskopis, dan simbolis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen tes, asam basa, kemampuan berpikir kreatif, Rasch Model |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 04:06 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 04:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50711 |
Actions (login required)
View Item |