PENGEMBANGAN SOAL HOTS PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMAN 1 JAKENAN
Yosie Safutra, 4201416028 (2021) PENGEMBANGAN SOAL HOTS PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMAN 1 JAKENAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal HOTS pada materi termodinamika serta mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMAN 1 Jakenan. Prosedur penelitian ini menggunakan model 4D (four-D models) yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dibagi menjadi skala kecil dan skala besar. Pada skala kecil mengembangkan 18 soal dan partisipan sebanyak 20 mahasiswa Pendidikan Fisika semester 1 dan 3 serta pada skala besar mengalami beberapa revisi dan menghasil soal akhir sebanyak 15 soal yang diujikan pada 127 siswa yang telah mendapatkan materi termodinamika. Instrumen soal yang telah dikembangkan memiliki validitas ahli dalam kategori yang sangat layak. Hasil yang didapat pada uji coba skala kecil yaitu 77,78% soal dinyatakan valid dan 22,22% soal dinyatakan tidak valid. Serta reliabilitas soal sebesar 0,704 dinyatakan reliabel dengan kriteria yang tinggi. Proporsi indeks kesukaran soal yang belum proporsional yaitu soal dengan indeks kesukaran dalam kategori sedang 5,56% dan indeks kesukaran dalam kategori sukar 94,44%. Daya beda 5,56% dalam kriteria sangat baik, 5,56% dalam kriteria baik, 22,22% dalam kriteria cukup, dan 66,67% dalam kriteria kurang baik. Sementara itu, saat uji coba skala besar 100% soal dinyatakan valid. Serta reliabilitas soal sebesar 0,674 dinyatakan reliabel dengan kriteria yang tinggi. Proporsi indeks kesukaran soal yang belum proporsional pula yaitu soal dengan indeks kesukaran dalam kategori sedang 13,33% dan indeks kesukaran dalam kategori sukar 86,67%. Daya beda 20% dalam kriteria baik, 46,67% dalam kriteria cukup, dan 33,33% dalam kriteria kurang baik. Hasil akhir didapat kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMAN 1 Jakenan tergolong dalam kategori rendah dari skor maksimum 45 didapat skor dengan rata-rata 16,86 pada materi Termodinamika
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, termodinamika, kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > Special Education > Physical Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50632 |
Actions (login required)
View Item |