PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA MATERI HARMONI MUSIK
Famuji Rachmat Triyanto, 2501417015 (2021) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA MATERI HARMONI MUSIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa seni musik UNNES, materi harmoni musik merupakan materi yang objek kajiannya sangat dekat dengan mahasiswa, akan tetapi untuk menetahui implementasi serta contoh penggunaan dari teori harmoni yang ada mahasiswa mengalami kesulitan dalam mempelajari harmoni musik, khususnya pada pokok bahasan rule of harmony yang merupakan materi yang membutuhkan contoh implementasi aturan harmoni yang didukung oleh audio. Berdasarkan RPS perkuliahan harmoni musik di prodi pendidikan seni musik UNNES diketahui bahwa sumber belajar utama yang digunakan oleh dosen adalah buku modul harmoni musik karya Ottman. Menurut mahasiswa, buku modul yang digunakan tersebut masih memiliki beberapa keterbatasan, salah satunya adalah tidak tersedianya media audio sebagai pendukung, sehingga mahasiswa hanya mendengar audio materi dari dosen yang memainkan secara langsung dengan piano maupun dengan media audio di perkuliahan saja, sedangkan ketika mahasiswa hendak mempelajarinya kembali di luar perkuliahan merasa kesulitan. Hal ini menjadi latar belakang dikembangkannya media mobile learning berbasis android pada materi harmoni musik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk merancang dan mengembangkan media mobile learning berbasis android menggunakan software adobe animate pada materi harmoni musik serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi sebagai media mobile learning berbasis android pada materi harmoni musik Media mobile learning berbasis android pada materi harmoni musik merupakan kombinasi antara teks, gambar, animasi dan audio yang didesain sebagai sumber belajar harmoni musik untuk mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di prodi pendidikan seni musik UNNES. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan media mobile learning berbasis android pada materi harmoni musik dilakukan dengan baik dan aplikasi Harmoy Music Trainer dinyatakan layak oleh ahli materi dan ahli media dengan perolehan nilai rata-rata persentase 87,3% dari ahli materi dan penilaian oleh ahli media memperoleh rata-rata persentase 91,3%. Selain dari hasil validasi ahli materi dan media, aplikasi Harmony Music Trainer juga memperoleh nilai kelayakan dari pengguna dengan rata rata 84,9% pada uji coba skala kecil dan 87,25% pada uji coba skala besar. Berdasarkan hasil tersebut, media mobile learning berbasis android pada materi harmoni musik telah layak digunakan sebagai media pendukung perkuliahan harmoni musik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mobile learning, harmony music trainer |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50621 |
Actions (login required)
View Item |