PENGARUH MESSAGE FRAMING PADA GREEN ADVERTISEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION


Febrilia Puspita Ranisya, 1511416064 (2021) PENGARUH MESSAGE FRAMING PADA GREEN ADVERTISEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416064 - Febrilia Puspita Ranisya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran dari konsumen dalam pentingnya menjaga lingkungan mempengaruhi konsumen dalam membeli produk dengan beralih ke produk ramah lingkungan. Kesadaran konsumen ini mengakibatkan munculnya peluang yang perlu segera diantisipasi sekaligus dimanfaatkan oleh perusahaan. Antisipasi ini dilakukan karena intensi untuk membeli merupakan salah satu hal penting bagi perusahaan. Sehingga perlu diupayakan agar terjadinya purchase intention terhadap produk yang ditawarkan. Dalam mempengaruhi munculnya purchase intention pada masyarakat diberikan sebuah message framing dalam melakukan pengiklanan. Terdapat dua strategi message framing yaitu framing positif dan framing negatif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan purchase intention pada subjek yang diberi message framing positif dan pada subjek yang diberi message framing negatif. Selain itu untuk mengetahui gambaran umum purchase intention pada subjek yang diberi message framing positif dan pada subjek yang diberi message framing negatif. Metode Penelitian adalah kuantitatif eksperimen dengan desain one-group posttest-only design. Pengambilan sampel menggunakan teknik non random sampling dengan convenience sampling. Subjek berusia 18-24 tahun sebanyak 40 mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Subjek dibagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing sebanyak 20 mahasiswa. Pada satu kelompok diberikan perlakuan message framing positif sedangkan kelompok lain message framing negatif. Data penelitian diambil menggunakan skala purchase intention. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan uji independent t test. Berdasarkan metode analisis data didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0.797. Hasil analisis yang didapatkan menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ditolak sehingga hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh message framing pada green advertisement terhadap purchase intention meskipun didapatkan sedikit perbedaan mean antara kelompok message framing positif dan kelompok message framing negatif. Selain itu gambaran umum purchase intention pada kelompok message framing positif berada pada kategori sedang, sementara pada kelompok message framing negatif berada pada kategori tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Message Framing, Green Advertisement, Purchase Intention.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:02
Last Modified: 26 Jul 2022 07:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50603

Actions (login required)

View Item View Item