IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU KELAS V PADA PEMBELAJARAN SISTEM DARING MASA PANDEMI COVID-19 SDN SARIREJO KOTA SEMARANG
Dwi Wahyu Nugraeni, 1401417279 (2021) IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU KELAS V PADA PEMBELAJARAN SISTEM DARING MASA PANDEMI COVID-19 SDN SARIREJO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kunci yang terkandung dalam tujuan pendidikan, Setiap Warga Negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang adil. Guru ialah orang yang berhadapan secara langsung dengan peserta didik di dalam mentransformasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan sekaligus memiliki tugas utama untuk mendidik putra bangsa dengan nilai-nilai konstruktif di dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu keberadaan guru sebagai tenaga profesional amatlah penting demi terwujudnya visi dan misi dalam suatu pembelajaran. Pada Masa Pandemi ini guru dituntut untuk melaksanakan pembelajaran daring sebagai upaya dalam memutus persebaran Covid-19 di Indonesia dengan tetap melaksanakan kompetensi guru yang harus dimiliki guru. Meskipun menjadi tantangan yang baru, Guru SDN Sarirejo tetap mengimplementasikan Kompetensi Guru yang dimiliki saat melaksanakan pembelajaran daring. Tujuan Penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pengimplementasian Kompetensi Guru pada Pembelajaran daring dan faktor yang mempengaruhi Implementasi Kompetensi Guru pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengambilan data yang utama dilakukan dengan wawancara dan observasi sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi dokumentasi mengenai Implementasi Kompetensi Guru kelas V pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 dan melakukan pencatatan lapangan. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas V. Analisis data dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan. Adapun sebelum di lapangan dilaksanakan dengan melakukan pra penelitian, sedangkan setelah di lapangan analisis data dilakukan dengan menggunakan miles and hubberman. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Guru kelas V SDN Sarirejo selama pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 telah mengimplementasikan Kompetensi Guru berupa Kompetensi Pedagogik, Sosial, Kepribadian, dan Profesional, tetapi dalam mengimpementasikan kompetensi guru terdapat indikator yang tidak dilaksanakan yaitu memberikan pengayaan pada siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan pengimplementasian Kompetensi Guru masih terdapat kendala yaitu Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh siswa untuk mengikuti pembelajaran daring masih terbatas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru, Pembelajaran Daring |
Subjects: | L Education > teacher competence L Education > Special Education > Primary school education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 01:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 01:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50548 |
Actions (login required)
View Item |