TINJAUAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TERKAIT ASPEK KESELAMATAN (SAFETY) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PEMALANG
Nurul Andhika Dwi Nastiti, 6411416066 (2021) TINJAUAN TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TERKAIT ASPEK KESELAMATAN (SAFETY) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pendidikan jasmani yang berisiko selalu terjadi yaitu adanya kejadian cedera. Saat ini cedera merupakan ancaman bagi kesehatan di seluruh negara dan menurut penelitian cedera menyebabkan 7% kematian diseluruh dunia, angka ini diperkirakan masih terus bertambah. Banyaknya kejadian cedera yang dialami siswa-siswi yang terjadi pada setiap sekolah dasar hampir 50%, pemaham tentang faktor keselamatan dalam pembelajaran pendidikan jasmani sangat diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar tentang keselamatan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel yang dibutuhkan sejumlah 30 responden. Teknik purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Sampel yang diambil yaitu guru pendidikan jasmani yang bekerja di sekolah dasar, yang dimana sekolah dasar tersebut berada dibawah naungan UPTD Kecamatan Pemalang. Hasil penelitian menunjukan tingkat pengetahuan faktor lingkungan belajar dengan kategori kurang baik yaitu 70% responden, fasilitas dengan kategori baik sebanyak 56,7%, peralatan dengan kategori sesuai sebanyak 100%, manajemen pembelajaran dengan kategori baik yaitu 50% dan kategori kurang sebanyak 50% responden, teknik bantuan dengan kategori baik sebanyak 93,3% perencanaan tugas ajar dengan kategori kurang sesuai sebanyak 56,7% responden, tingkat cedera dengan kategori tinggi sebanyak 66,7% responden, tingkat kompetensi guru penjas dengan kategori baik yaitu 66,6%. Perlu untuk menambah dan meningkatkan wawasan berkaitan dengan keselamatan ketika pembelajaran pendidikan jasmani agar selain peserta didik merasa aman, nyaman dan terhindar dari kecelakaan atau cedera, implementasi dan tujuan pembelajaran pendidikan jasmani dapat diberikan dan diterima secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cedera, pengetahuan, guru penjasorkes. |
Subjects: | O Sport > Ilmu Keolahragaan O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:50 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50508 |
Actions (login required)
View Item |