PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 1 CILACAP


Aris Sunardi, 2501908005 (2009) PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 1 CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK  DI SMP NEGERI 1 CILACAP]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 1 CILACAP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ansambel musik di samping bermanfaat bagi pembinaan musikal yang menyeluruh dan mengaktifkan siswa seluruhnya sesuai dengan alat musiknya masing-masing juga mempunyai tujuan yang lebih penting antara lain melaih kedisiplinan, kerjasama, dan tanggung jawab. Pembelajaran ansambel musik, juga dapat menjadi sarana berekspresi, untuk mengungkapkan berbagai macam perasaan dalam bentuk yang indah, melalui bermain musik. Pembelajaran ansambel musik yang direncanakan dengan baik oleh guru, akan berlangsung secara optimal dan efektif. Pembelajaran yang baik dengan pemilihan metode dan teknik pembelajaran yang efektif dan efisien oleh guru, maka akan mempermudah siswa dalam menerima serta memahami materi pelajaran yang sedang dipelajari. Permasalahan yang dibahas dalam penelitan ini adalah bagaimana proses pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 1 Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 1 Cilacap. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai bahan kajian tentang pelaksanaan pembelajaran ansambel musik sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi interaksi belajar mengajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh guru, siswa dan sekolah sebagai bahan informasi yang tepat dan menarik terkait pembelajaran ansambel musik di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Cilacap. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guna mencapai keabsahan data, dilakukan analisis triangulasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan cara mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran ansambel musik di SMP Negeri 1 Cilacap metode pembelajaran yang digunakan adalah gabungan dari metode ceramah, demonstrasi, latihan (drill), dan pemberian tugas. Sedangkan teknik yang digunakan adalah optimalisasi sarana dan prasarana yang ada. Berdasarkan simpulan dapat disarankan agar dalam pembelajaran ansambel musik sebaiknya guru lebih selektif dalam menentukan metode yang digunakan sehingga dapat mempermudah siswa dalam menangkap serta memahami materi pelajaran yang diberikan. Penulisan partitur ansambel musik, khususnya pada pianika dan gitar dilengkapi dengan penjarian sehingga mempermudah siswa dalam memainkan alat musik tersebut. Pemilihan materi lagu jangan terlalu sulit, sehingga mempermudah siswa dalam pembelajaran ansambel musik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, ansambel, musik
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2011 03:30
Last Modified: 25 Apr 2015 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item