STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER II DALAM TES BERBICARA BERDASARKAN RANGSANG GAMBAR DAN TANPA GAMBAR
Siti Akmalul Hidayah, 2301416020 (2021) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER II DALAM TES BERBICARA BERDASARKAN RANGSANG GAMBAR DAN TANPA GAMBAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS SEMESTER II DALAM TES BERBICARA BERDASARKAN RANGSANG GAMBAR DAN TANPA GAMBAR)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dilatih dan dipraktikkan secara teratur, supaya dapat mengukur sejauh mana kemampuan pembelajar dalam berbicara perlu diadakan tes. Bentuk tes berbicara yang biasa digunakan adalah tes berbicara menggunakan rangsang gambar dan tes berbicara tanpa menggunakan gambar. Kemudian dari beberapa penelitian mengemukakan bahwa tes berbahasa tanpa menggunakan gambar lebih baik daripada menggunakan gambar. Alasannya adalah adanya gambar dapat membatasi ide-ide yang akan disampaikan. Tetapi ada juga, penelitian tes berbahasa menggunakan gambar lebih baik daripada tanpa gambar. Alasan tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian komparatif dengan tujuan mendeskripsikan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan dari kedua bentuk tes berbicara itu pada kemampuan berbicara mahasiswa semester II prodi Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Negeri Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa dalam tes berbicara berdasarkan rangsang gambar dan kemampuan mahasiswa dalam tes berbicara tanpa rangsang gambar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena jumlah responden kurang dari 100 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, dan untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus korelasi product-moment. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Dari perhitungan t-test yang telah dilakukan, diperoleh nilai t-hitung lebih besar daripada t-tabel, yakni 2,1 > 1,94. Hal itu menunjukkan bahwa hipotesis kerja peneliti yang berbunyi “Kemampuan mahasiswa dalam tes berbicara berdasarkan rangsang gambar lebih baik daripada kemampuan mahasiswa tanpa rangsang gambar” diterima. Karena ada perbedaan pada kemampuan mahasiswa semester II dalam tes berbicara berdasarkan rangsang gambar dan tanpa rangsang gambar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : bentuk tes berbicara, komparasi, berbicara |
Subjects: | P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:53 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50483 |
Actions (login required)
View Item |