Penerapan Modul Pembelajaran Solidworks untuk Meningkatkan Kompetensi Membuat Model 3D
Saian Nur Fajri, - and Muhammad Khumaedi, FT P Teknik Mesin (2016) Penerapan Modul Pembelajaran Solidworks untuk Meningkatkan Kompetensi Membuat Model 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 16 (1). pp. 43-47. ISSN 1412- 1247
PDF
- Published Version
Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain modul pembelajaran SolidWorks berdasarkan penilaian ahli dan menganalisis dampak penerapan modul pembelajaran terhadap capaian kompetensi membuat model 3D berbasis CAD. Penelitian yang digunakan adalah true experimental design menggunakan desain randomized control group pretest-postest design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penilaian ahli, modul pembelajaran SolidWorks termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa nilai rata-rata kompetensi siswa menggunakan modul pembelajaran SolidWorks lebih tinggi daripada yang tidak menerapkan modul pembelajaran SolidWorks. Peningkatan kelas eksperimen dalam kategori sedang (46.6%) dibandingkan kelas kontrol dalam kategori rendah (32.8%). Hal ini diperkuat dari hasil uji t yang menunujukan adanya peningkatan hasil belajar yang signfikan pada siswa yang menggunakan modul pembelajaran SolidWorks.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, SolidWorks, Kompetensi, CAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:52 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50209 |
Actions (login required)
View Item |