Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah CAD Kompetensi Menggambar 3 Dimensi dengan Menggunakan Media Video


Indra Yupriansyah Mardhika, - and Muhammad Khumaedi, FT P Teknik Mesin (2013) Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah CAD Kompetensi Menggambar 3 Dimensi dengan Menggunakan Media Video. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 13 (2). pp. 63-67. ISSN 1412- 1247

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa  pada Mata Kuliah CAD Kompetensi Menggambar 3 Dimensi dengan Menggunakan Media Video.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sebelum dan sesudah perlaukan penggunaan media video. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest and posttest group. Populasi penelitian semua mahasiswa Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah propotional random sampling. Hasil validasi ahli media diperoleh persentase kelayakan sebesar 88,00% dan validasi ahli materi sebesar 92,00% yang menunjukkan media video masuk kriteria sangat valid/layak. Hasil penelitian menunjukan pada post test t hitung adalah 4,43 lebih besar dari t tabel yaitu 1,67. Karena t hitung berada pada daerah penerimaan Ha, maka kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Ketuntasan belajar kelompok eksperimen terdapat 29 peserta didik (82.85%) dan kelompok kontrol hanya 11 peserta didik (37,93%). Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 36,97%, sedangkan kelompok kontrol hanya 26,4%. Rata-rata hasil belajar pre-test kelompok eksperimen hanya 51,41 dan kelompok kontrol 52,41. Rata-rata hasil belajar post-test kelompok eksperimen mencapai 81,57 sedangkan kelompok kontrol hanya 71,21

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, 3-dimensional drawing competency, video media
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:40
Last Modified: 13 Jul 2022 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50205

Actions (login required)

View Item View Item