Pembelajaran dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Segi Banyak
Fattah Maulana, - and Muhammad Khumaedi, FT P Teknik Mesin (2020) Pembelajaran dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Segi Banyak. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 20 (2). pp. 56-60. ISSN 1412- 1247
PDF
- Published Version
Download (238kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peningkatan hasil belajar menggambar segi banyak pada siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah yang dilengkapi media Audio Visual dibandingkan dengan pembelajaran pembelajaran ceramah yang dipakai selama ini. Penelitian ini menggunakan metode true eksperi�mental design dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group yang terdiri dari kelompok Experi�men berjumlah 35 siswa dan kelompok Kontrol berjumlah 35 siswa. Penentuan sampel menggunakan Probabilis�tik Random sampling dengan cara diundi dan analisis yang digunakan adalah uji t independent. Pada hasil posttest didapat nilai t = 7,892 > t tabel = 1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar antara ke�las experimen dan kelas kontrol, dimana siswa yang menggunakan media audio visual mengalami peningkatan hasil belajar 44,7%, sedangkan siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah hanya mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 29,9%, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam menggambar segi banyak pada kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran metode audio visual lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, media audio visual, hasil belajar, segi banyak |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > L Education (General) > Learning Achievement |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 02:16 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 02:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50198 |
Actions (login required)
View Item |