Penerapan Physics Communication Games dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Kebencanaan dan Minat Belajar Sains Fisika Siswa SMP.
Siti Amaliya, 4201407036 (2011) Penerapan Physics Communication Games dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Kebencanaan dan Minat Belajar Sains Fisika Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Penerapan Physics Communication Games dengan Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Pemahaman Kebencanaan dan Minat Belajar Sains Fisika Siswa SMP.)
- Submitted Version
Download (557kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman kebencanaan perlu diberikan kepada masyarakat mengingat semakin banyaknya bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia. Pemberian pemahaman kebencanaan dapat diberikan kepada siswa SMP menggunakan pendekatan SETS. Di sisi lain, minat belajar sains fisika siswa SMP menjadi menurun dikarenakan pembelajaran didominasi oleh guru dengan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman kebencanaan dan minat belajar sains fisika siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peningkatan pemahaman kebencanaan, pemahaman materi sains fisika pokok bahasan energi dan minat belajar sains fisika siswa yang diajar menggunakan Physics Communication Games dengan pendekatan SETS lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. Pendekatan SETS merupakan pendekatan yang menekankan murid untuk menghubungkaitkan antar unsur sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat. Adapun Physics Communication Games merupakan sebuah permainan reward and punishment yang berisi materi kebencanaan yang terintegrasi dalam materi sains fisika menggunakan pendekatan SETS. Physics Communication Games diterapkan untuk meningkatkan pemahaman kebencanaan dan minat belajar sains fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Oleh karena itu, terdapat dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda. Kelas yang siswanya diajar menggunakan Physics Communication Games dengan pendekatan SETS adalah kelas eksperimen. Adapun, kelas yang siswanya diajar menggunakan metode ceramah adalah kelas kontrol. Meskipun diberi perlakuan yang berbeda, peneliti memberikan pretest dan posttest di kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi data hasil penelitian diperoleh besarnya faktor gain peningkatan pemahaman kebencanaan adalah 0,4 untuk kelas eksperimen dan 0,27 untuk kelas kontrol. Adapun besarnya faktor gain peningkatan pemahaman materi sains fisika pokok bahasan energi adalah 0,42 untuk kelas ekperimen dan 0,20 untuk kelas kontrol. Lain halnya dengan faktor gain peningkatan minat belajar sains fisika, besarnya faktor gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,64 dan 0,02 untuk kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Physics Communication Games, Pendekatan SETS, Pemahaman Kebencanaan, Minat Belajar, Sains Fisika. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Mar 2011 04:20 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/500 |
Actions (login required)
View Item |