ASPEK-ASPEK DAYA ILOKUSI MODEL J.L AUSTIN DALAM FILM LE PETIT NICOLAS KARYA LAURENT TIRARD


Windy Prastyaningrum Nawawi, 2311416004 (2021) ASPEK-ASPEK DAYA ILOKUSI MODEL J.L AUSTIN DALAM FILM LE PETIT NICOLAS KARYA LAURENT TIRARD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311416004 - Windy Prastyaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini adalah jenis-jenis aspek daya ilokusi dan ciri-ciri aspek daya ilokusi. Tujuan penelitian ini adalah menemukan jenis aspek daya ilokusi, menjelaskan ciri-ciri aspek daya ilokusi, dan menjelaskan dominasi penggunaan daya ilokusi eksersitif dalam percakapan antartokoh. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan teoretis dan pendekatan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan adalah pendekatan pragmatik, sedangkan pendekatan metodologis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa semua tuturan antartokoh dalam film Le Petit Nicolas, yang diduga mengandung aspek daya ilokusi dan ciri-ciri aspek daya ilokusi. Sumber data diunduh dari situs http://dunia21.com. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap, sedangkan teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik catat dan teknik simak bebas libat cakap (SLBC). Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis data menggunakan metode padan pragmatis, dengan teknik dasarnya adalah teknik pilah unsur penentu (PUP), kemudian teknik lanjutannya adalah teknik hubung banding menyamakan (HBS). Metode penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data pada percakapan antartokoh, dapat disimpulkan bahwa daya ilokusi eksersitif cenderung digunakan oleh guru dan siswa yang mengungkapkan maksud memerintah (commander). Alasan daya ilokusi eksersitif paling dominan digunakan oleh para tokoh, karena tokoh guru selalu bertanya dan meminta mengerjakan tugas kepada siswanya, sedangkan siswanya bertanya materi yang belum mereka pahami. Kesimpulan tersebut didukung oleh temuan berupa 8 daya ilokusi verdiktif, 32 daya ilokusi eksersitif, 9 daya ilokusi komisif, 23 daya ilokusi behabitif, dan 7 daya ilokusi ekspositif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: daya ilokusi, ciri-ciri daya ilokusi, pragmatik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:14
Last Modified: 29 Jun 2022 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49974

Actions (login required)

View Item View Item