PENGEMBANGAN E-MODUL DISCOVERY LEARNING BERMUATAN ETNOSAINS MATERI HIDROLISIS UNTUK MEMBEKALI NILAI KARAKTER KONSERVASI SI


Dyodita Nurul Herdiantari, 4301417061 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL DISCOVERY LEARNING BERMUATAN ETNOSAINS MATERI HIDROLISIS UNTUK MEMBEKALI NILAI KARAKTER KONSERVASI SI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417061 - Dyodita Nurul Herdiantari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Discovery Learning Bermuatan Etnosains pada materi hidrolisis garam untuk membekali nilai karakter konservasi siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian R & D menggunakan model 4D. Namun pada penelitian ini dilakukan tiga tahap yaitu define, design, and develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi produk, angket penilaian karakter konservasi, angket respon siswa, lembar observasi, dan soal post test. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis kelayakan dan keefektifan produk, serta tanggapan respon siswa terhadap e-modul. Penelitian ini menghasilkan modul yang memiliki karakteristik modul elektronik yang disusun berdasarkan sintaks discovery learning bermuatan etnosains dan nilai karakter konservasi serta dilengkapi soal evaluasi bemuatan etnosains. E-Modul layak dan praktis digunakan berdasarkan penilaian dari validasi ahli diperoleh 96,7% dan hasil angket respon siswa diperoleh 89,8%. E-Modul yang dikembangkan efektif untuk membekali nilai karakter konservasi siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Etnosains; Discovery Learning; Nilai Karakter Konservasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:00
Last Modified: 28 Jun 2022 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49955

Actions (login required)

View Item View Item