PENGUATAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK MELALUI KEPRAMUKAAN DI SMA NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES
Afis Della Meirisa, 3301414107 (2021) PENGUATAN KARAKTER KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK MELALUI KEPRAMUKAAN DI SMA NEGERI 1 LARANGAN KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya percaya diri, keberanian serta kurang disiplin merupakan kurangnya karakter kepemimpinan pada peserta didik. Oleh karena itu, penguatan karakter kepemimpinan sangat penting dilakukan sebagai bekal peserta didik dalam kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dilakukan agar peserta didik dapat menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri dan dimasyarakat. Tujusn penelitian ini untuk mengetahui: (1) penguatan karakter kepemimpinan peserta didik melalui kepramukaan di SMA Negeri 1 Larangan Kab. Brebes; (2) faktor pendukung dan penghambat penguatan karakter kepemimpinan peserta didik melalui kepramukaan di SMA Negeri 1 Larangan Kab. Brebes. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Pembina pramuka, dan anggota pramuka. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data yaitu analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penguatan karakter kepemimpinan peserta didik melalui kepramukaan di SMA Negeri 1 Larangan Kabupaten Brebes melalui beberapa kegiatan pramuka. Diantaranya apel pembukaan dan penutupan latihan pramuka, kegiatan bermusyawarah, kegiatan pertendaan, kegiatan penjelajahan, kegiatan operasi semut, dan kegiatan kerajinan dengan batok kelapa. Pelaksanaan penguatan melalui metode kepramukaan: pengalaman kode kehormatan pramuka, kehadiran orang dewasa, belajar sambil melakukan, kegiatan yang berkelompok, bekerja sama dan berkompetisi, kegiatan yang menantang, kegiatan di alam terbuka, penghargaan berupa tanda kecakapan, dan satuan terpisah antara putra dan putri. Adapun faktor pendukung penguatan karakter kepemimpinan peserta didik melalui kepramukaan di SMA Negeri 1 Larangan Kab. Brebes sebagai berikut: minat peserta didik setiap kegiatan latihan rutin hari jumat peserta didik yang berangkat semuanya, peran aktif pembina selalu mendampingi peserta didik ketika latihan rutin, dan guru selalu siap untuk jadi pemateri,dana yang berasal dari sekolah dan iuran sukarela peserta didik dan dukungan orang tua. Sementara itu faktor penghambat penguatan karakter kepemimpinan peserta didik melalui kepramukaan di SMA Negeri 1 Larangan Kab. Brebes yaitu keterbatasan waktu dan peserta didik yg kelelahan akibat fullday school.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan, Karakter Kepemimpinan, Kepramukaan |
Subjects: | H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 04:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49875 |
Actions (login required)
View Item |