PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANIMASI UNTUK SOSIALISASI ALUR PENGISIAN DATA POKOK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Abdul Madjid, 2411416013 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANIMASI UNTUK SOSIALISASI ALUR PENGISIAN DATA POKOK UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411416013 - abdul majid.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media promosi merupakan sarana komunikasi yang difungsikan untuk pemasaran atau perkenalan suatu produk dan jasa. Media promosi sendiri dapat dilakukan melalui media cetak maupun elektronik atau juga media luar ruang. Untuk mendukung peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 tahun 2012 pasal 7 yaitu tentang kebijakan nirkertas, maka kegiatan dalam pemasaran produk dan jasa Universitas Negeri Semarang juga perlu dirancang agar sejalan dengan prinsip konservasi sebagai landasan cara pandang dan perilaku yang ada pada lingkungan kampus. Media promosi berbasis video animasi merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan sebagai media promosi bagi Universitas Negeri Semarang dengan ditampilkan secara elektronik maupun menggunakan media luar ruang. Proyek studi ini bertujuan menghasilkan media promosi berbasis animasi untuk Universitas Negeri Semarang yang berjudul: Alur Pengisian Data pokok Unnes. Animasi 2 dimensi dipilih karena lebih menarik dan dinamis dibandingkan iklan berbentuk statis. Selain itu, tersedianya berbagai platform yang dapat diakses oleh publik dengan mudah dapat menjangkau lebih banyak audiens. Metode perancangan animasi 2 dimensi ini melalui beberapa tahap yakni 1) tahap pra produksi, 2) tahap produksi, 3) tahap pasca produksi. Perancangan animasi 2 dimensi bersifat informatif, membentuk kesadaran mengenai program – program Universitas Negeri Semarang yang ada kepada audiens. Animasi ini secara keseluruhan menggunakan penggayaan flat design dengan menonjolkan identitas Univeritas Negeri Semarang yakni menggunakan warna korporat. Animasi 2 dimensi Alur Pengisian Data Pokok Unnes dipublikasikan menggunakan media sosial Instagram (@unnes_semarang) Hasil dari promosi melalui Instagram mendapatkan insight sebesar 60.223 dilihat, 5.536 suka, 2.110 komentar, 175 kali dibagikan serta 445 akun telah menyimpan postingan ini. Feedback juga didapatkan dari pameran proyek studi yang disiarkan di akun instagram milik pribadi (@anindyo_majid) dengan menampilkan konten pra produksi, karya pameran dan publikasi feed konsep berkarya. Setelah 3 hari tayang, konten pra produksi mendapatkan 597 jangkauan, 130 suka dan 2 kali dibagikan. Pada konten karya pameran mendapatkan 773 kali tayangan, 186 suka dan 35 komentar. Sementara pada konten publikasi feed konsep berkarya mendapatkan 1.011 jangkauan, 180 suka, 18 komentar serta 8 kali dibagikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Animasi, Media Promosi.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:52
Last Modified: 10 Jun 2022 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49866

Actions (login required)

View Item View Item