PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI INVERTEBRATA


Cynthia Putri Arlinda, 4401414074 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK DENGAN MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI INVERTEBRATA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401414074 - Arlinda Cynthia.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Ungaran dimasa pandemi covid-19 menggunakan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). Pelaksanaan pembelajaran memungkinkan peserta didik dan guru bisa berinteraksi secara langsung hanya melalui aplikasi zoom meeting, tetapi sekolah membatasi penggunaan aplikasi tersebut dengan boleh digunakan oleh guru dalam pembelajaran sebanyak satu kali dalam satu semester. Kondisi tersebut membuat peserta didik sulit mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis projek dengan media Instagram terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik pada meteri invetebrata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis projek dengan media Instagram terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik pada materi invetebrata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Ekperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 di SMA N 1 Ungaran tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian menggunakan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk keterampilan berpikir kritis nilai rata-rata yang didapatkan pada kelas eksperimen mencapai 88,7, sedangkan kelas kontrol mencapai 78,3. Hasil tersebut lebih dari KKM yang sudah ditentukan yaitu ≥ 75. Selanjutnya, dilakukan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji t. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 5%, artinya terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen . Hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,59 dan kelas kontrol sebesar 0,44. Hasil uji N�gain kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, maka pemahaman peserta didik pada kelas ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontol. Hasil dari nilai kreativitas peserta didik sebesar 85,7% untuk kelas kontrol dan 90,1% untuk kelas eksperimen, keduanya memiliki kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis projek dengan media Instagram dapat meningkatkan capaian keterampilan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik pada materi invertebrata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Project Based Learning dengan media instagram, keterampilan berpikir kritis, kreativitas, materi invertebrata
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 May 2022 04:38
Last Modified: 10 May 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49693

Actions (login required)

View Item View Item