TRACER STUDY ALUMNI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FIP UNNES


Mintarsih Arbarini, 196801211993032002 (2019) TRACER STUDY ALUMNI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FIP UNNES. Jurnal Edukasi, 13 (2). pp. 1-14. ISSN 0852-0240

[thumbnail of 19. Racer Study Alumni Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES - KUSDIYANTO UNNES (1).pdf] PDF
Download (243kB)

Abstract

Tingginya tingkat pengangguran yang dialami oleh para alumni perguruan tinggi menandakan para sarjana masih menjadi problem dan penambah beban berat angkatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan secara rinci tentang waktu tunggu alumni dalam memperoleh peluang kerja, kesesuaian antara kompetensi yang dimiliki dengan bidang kerja yang ditekuni saat ini, kendala yang dihadapi alumni, dan harapan alumni terhadap peluang kerja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian mencakup sejumlah alumni yang telah bekerja di berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta. Tempat penelitian dilaksanakan di Jawa Tengah meliputi Klaten, Salatiga, Kudus, Grobogan, Semarang, dan Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu tunggu alumni dalam mendapatkan peluang kerja bervariasi antara 2 tahun sampai langsung bekerja tanpa adanya waktu tunggu. Kesuaian antara kompetensi dengan bidang kerja sebagian besar alumni telah terjadi kesesuaian antara pekerjaan dengan kompetensi utama. Kendala yang dihadapi para alumni prodi PLS yang selama ini kesulitan dalam memperoleh peluang kerja disebabkan oleh terbatasnya informasi lowongan kerja untuk PLS, masyarakat luas belum mengetahui kompetensi lulusan PLS dan Prodi PLS belum mempunyai kemampuan spesifik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tracer studi, alumni, pendidikan luar sekolah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:54
Last Modified: 12 Apr 2022 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49599

Actions (login required)

View Item View Item