Kemampuan Penalaran Geometris Siswa pada Pembelajaran RME dengan Penekanan Handso on Activity Berdasarkan Aktivitas Belajar


Isyatul Fauziah, - and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika and Isnarto, - (2017) Kemampuan Penalaran Geometris Siswa pada Pembelajaran RME dengan Penekanan Handso on Activity Berdasarkan Aktivitas Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6 (1). pp. 30-37. ISSN 2252-6455

[thumbnail of Kemampuan Penalaran Geometris Siswa pada Pembelajaran RME dengan Penekanan Handso on Activity Berdasarkan Aktivitas Belajar.pdf] PDF - Published Version
Download (567kB)
[thumbnail of Review Kemampuan Penalaran Geometris Siswa pada Pembelajaran RME dengan Penekanan Handso on Activity Berdasarkan Aktivitas Belajar.pdf] PDF - Published Version
Download (881kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan RME pada penekanan hands on activity pada kemampuan penalaran geometris siswa materi kubus dan balok, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran geometris siswa berdasarkan aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi. Analisis data dimulai dari analisis butir soal tes uji coba kemudian analisis uji prasyarat. Pengujian hipotesis menggunakan uji rara-rata (uji-t), kemudian uji banding proporsi (uji-z) untuk menghitung ketuntasan klasikal. Selanjutnya pengujian untuk mengetahui perbedaan antara 2 kelas menggunakan uji beda rata-rata (uji-t pihak kanan). Analisis data kualitatif menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa kelas dengan pembelajaran berpendekatan RME dengan penekanan hands on activity mencapai tuntas individu dan tuntas klasikal mencapai 85%. Uji beda rata-rata menunjukkan hasil kelas dengan pembelajaran berpendekatan RME dengan penekanan hands on activity lebih baik dari kelas dengan pembelajaran metode ekspositori. Subyek yang memiliki kecenderungan pada akivitas visual, subyek mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran geometris. Subyek yang memiliki kecenderungan pada aktivitas lisan, subyek mampu memenuhi semua indikator kemampuan penalaran geometris.Subyek yang memiliki kecenderungan pada aktivitas motorik mampu memenuhi 6 indikator kemampuan penalaran geometris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geometric Reasoning Ability, RME approach, Hands On Activity, Learning Activities.
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Apr 2022 05:46
Last Modified: 06 Apr 2022 05:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49534

Actions (login required)

View Item View Item